Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM

Authors

  • Arasy Alimudin Universitas Narotama Surabaya
  • Achmad Zakki Falani Universita Narotama Surabaya
  • Sri Wiwoho Mudjanarko Universitas Narotama Surabaya
  • Arthur Daniel Limantara

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v4i1.337

Keywords:

Balanced Scorecard, UMKM performance, Information Technology

Abstract

The research conducted on UMKM commercial sector which aims to determine how much the contribution of the Balanced Scorecard (BSC) implementation by using four perspectives: financial, customer, internal business process and learning and growth. The concept Balanced Scorecard is deemed in accordance with the consideration that the concept is able to balance short-term plan with long-term plans, as well as to balance financial performance with the performance of non-financial. In addition, The benefits from this research is that companies have an appropriate business strategy and work program that can face of such change, enabling it to maintain and expand its business in the future in accordance with the vision and mission.By using these research techniques, application of the BSC through four perspectives can contribute significantly to the company's performance. This is indicate that UMKM oriented continuously on efforts to maintain customer satisfaction to earn the trust of the quality of the product followed by their support productive and committed employees who will be able to deliver products / services efficiently, consistent and timely with using technology information that have an impact on the organization's ability to generate adequate financial returns.

 

Penelitian yang dilakukan pada sektor komersial UMKM yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerapan Balanced Scorecard (BSC) dengan menggunakan empat perspektif: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Konsep Balanced Scorecard dianggap sesuai dengan pertimbangan bahwa konsep ini mampu menyeimbangkan rencana jangka pendek dengan rencana jangka panjang, serta menyeimbangkan kinerja keuangan dengan kinerja non-keuangan. Selain itu, Manfaat dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan memiliki strategi bisnis yang tepat dan program kerja yang dapat menghadapi perubahan tersebut, memungkinkan untuk mempertahankan dan memperluas bisnisnya di masa depan sesuai dengan visi dan misi. Dengan menggunakan teknik penelitian ini , penerapan BSC melalui empat perspektif dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM berorientasi terus menerus pada upaya mempertahankan kepuasan pelanggan untuk mendapatkan kepercayaan dari kualitas produk diikuti dengan dukungan mereka yang produktif dan berkomitmen karyawan yang akan mampu memberikan produk / jasa secara efisien, konsisten dan tepat waktu dengan menggunakan teknologi informasi yang berdampak pada kemampuan organisasi untuk menghasilkan pengembalian keuangan yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, A., & Yoga, H. (2015). STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA KECIL PRODUK MAKANAN RINGAN DI SURABAYA. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1).

Alimudin, A., Falani, A. Z., Setiawan, E., & Arifin, B. (2017). The Use of Fuzzy Logic in Developing Competitiveness Strategy Toward Small and Medium Enterprises ( Grocery ), 23(12), 11867–11873. https://doi.org/10.1166/asl.2017.10534

Ardiana, I. D. K. R., Brahmayanti, I. A., & Subaedi, S. (2010). Kompetensi SDM UKM dan pengaruhnya terhadap kinerja UKM di Surabaya. Jurnal manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), pp-42

Bank Indonesia. (2016). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta, Indonesia: Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia. Retrieved from www.bi.go.id/id/umkm/penelitian/nasional/kajian/.../Profil Bisnis UMKM.pdf

Hadiyati, E. (2010). Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(2), pp-183.

Junaidi. 2002. Kontribusi Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta, Juli. 2002

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). The Balanced Scorecard Translating Strategy In Action (Kaplan & Norton, 1996, Harvard Business School Press).pdf. Proceedings of the IEEE. https://doi.org/10.1109/JPROC.1997.628729

Kiswara, Endang, 2005, Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan.

Mulyani, S. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan pada UMKM di Kabupaten Kudus. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 11(2).

Narayanamma, P. L. (2017). A Study On Impact Of Balanced Scorecard Implementation On Job Satisfaction Of Employees In Selected Public And Private Sector. Shanlax International Journal of Arts, Science and Humanities, 4(3), 44–52. Retrieved from www.shanlaxjournals.in/pdf/SPL/loyola_spl.pdf

Phong Tuan, Nham dan Yoshi, T. (2010). Organizational capabilities, competitive advantage and performance in supporting industries in vietnam. Asian academy of management journal, Vol. 15(1), 1-21.

Sasono, A. D., Alimudin, A., Kamisutara, M., & Inayati, I. (2015). Development of accounting information system (SIA-UMKM) with waterfall approach to standardize UMKM financial report based on standard of accounting financial entity without public accountability (SAK-ETAP). J. Basic. Appl. Sci. Res.

Sim, K. L., dan Koh, H. C. (2001). Balanced Scorecard: A Rising Trend in Strategic Performance, Measurement. In: Measuring Business Excellence, Vol. 5(2).

Sudiarta, I. P. L. E., Kirya, I. K., dan Cipta, W. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Bangli. Jurnal Jurusan Manajemen, 2(1).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 90. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Tandiontong, M., & Yoland, E. R. (2011). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Yang Memadai (Sebuah Studi Pada Perusahaan Bio Tech Sarana di Bandung). Jurnal Ilmiah Akuntansi.

Uma, S. (2006). Metodologi penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Widayat, A. (2002). Riset Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-04-30

How to Cite

Alimudin, A., Falani, A. Z., Mudjanarko, S. W., & Limantara, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.30737/ekonika.v4i1.337

Issue

Section

Articles