Peningkatan Literasi Anak dan Pemberdayaan Perempuan Melalui Forum Edukasi Keluarga dalam Perspektif Desa Ramah Perempuan dan Anak

Authors

  • Ghaza Juliet Palal Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Durratul Fuadatus Sallimah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Aldila Dwi Mayanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Rita Tansania Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Mohammad Amin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Hafidz Afrizal Azim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatimas.v5i2.6618

Keywords:

Desa ramah anak, Edukasi keluarga, Literasi anak, Pemberdayaan perempuan, Pendekatan partisipatif

Abstract

This article discusses efforts to improve child literacy and empower women through the establishment of a Family Education Forum (FEK) using a participatory approach in Sidorejo Village, as part of implementing a child- and women-friendly village model. The background of this community service is the limited access to informal education at the family level, minimal involvement of mothers in their children's home learning, and the absence of a forum that integrates family-based education. The community engagement employed the Participatory Action Research (PAR) method, comprising stages that included problem mapping, program planning, forum implementation, and participatory evaluation. The results show that FEK effectively improves children's basic literacy and strengthens the role of women in family decision-making. The forum also becomes a productive communication medium among family members and the village community. The novelty of this research lies in the integration of family education, children’s literacy, and women’s empowerment into a single, sustainable, and participatory platform, unlike conventional family literacy models that focus solely on children’s cognitive aspects. This article concludes that the family education forum model has great potential in developing an inclusive and sustainable community-based education support system.

Artikel ini membahas tentang upaya peningkatan literasi anak dan pemberdayaan perempuan melalui pembentukan Forum Edukasi Keluarga (FEK) berbasis pendekatan partisipatif di Desa Sidorejo sebagai bentuk implementasi desa ramah perempuan dan anak. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya akses edukasi nonformal di tingkat keluarga, minimnya peran ibu dalam pembelajaran anak di rumah, serta belum adanya forum yang mengintegrasikan edukasi berbasis keluarga. Kegiatan pengabdian menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), dengan tahapan pemetaan masalah, perencanaan program, implementasi forum edukasi, serta evaluasi bersama mitra. Hasil menunjukkan bahwa FEK mampu meningkatkan literasi dasar anak dan memperkuat peran perempuan dalam pengambilan keputusan keluarga. Forum ini juga menjadi sarana komunikasi produktif antaranggota keluarga dan komunitas desa. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi pendidikan keluarga, literasi anak, dan pemberdayaan perempuan dalam satu wadah partisipatif yang berkelanjutan, berbeda dengan model literasi keluarga konvensional yang hanya berfokus pada aspek kognitif anak. Artikel ini menyimpulkan bahwa model forum edukasi keluarga memiliki potensi besar dalam membangun sistem pendukung pendidikan berbasis komunitas yang inklusif dan berkelanjutan.

Author Biographies

  • Ghaza Juliet Palal, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

    Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

  • Durratul Fuadatus Sallimah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

    Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari’ah dan Hukum

  • Aldila Dwi Mayanti, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

    Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora

  • Rita Tansania, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

    Ilmu Hadits, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat

  • Mohammad Amin, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

    Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi

  • Hafidz Afrizal Azim, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

    Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi

References

Amaliyah, S. (2021). Konsep pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1766–1767.

Andajani, W., Rahardjo, D., & Amelia, Y. R. (2021). Pelatihan pembuatan abon ikan sebagai alternatif pengolahan hasil tangkapan laut pada masa pandemi. Jatimas : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28–37. http://ojs.unik-

Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). rencana strategis penguatan karakter.

Guspianto, Mutmainnah, M., Utami, D. T., Pramudiani, D., & Amalya, R. (2022). Edukasi pemberdayaan keluarga dalam optimalisasi fungsi keluarga di Desa Muara Jambi. Jurnal Salam Sehat Masyarakat (JSSM), 3(2), 13–17.

Junaedi, F. (2019). Participatory action research, metode riset untuk analisis sosial partisipatif. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Martiani, A. T., Yuwono, T., & Supratiwi. (2024). Implementasi desa ramah perempuan dan peduli anak (drppa) di Desa Sempor Lor dan Desa Pandansari Purbalingga. Journal of Politic and Government Studies, 14(1), 392–409. www.fisip.undip.ac.id

Mulyawan, B., & Mailiyatuzzahro, N. (2021). Implementasi program generasi berencana di Kabupaten Indramayu. Jurnal Aspirasi, 11(2), 50–62. https://kebijakankesehatanindonesia.net

Nareswari, A. H. P., Rahardjo, T. P., & Fauzhi, A. R. (2022). Pemberdayaan PKK Desa Mukuh melalui pembuatan pupuk booster terasi di Kayen Kidul, Kabupaten Kediri. Jatimas : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 121–128. http://ojs.unik-

Nasution, S. (2019). Pendidikan lingkungan keluarga. TAZKIYA, 8(1).

Ngaisah, S., & Kurniawan, B. A. (2024). Upaya Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Surabaya dalam meningkatkan program ketahanan dan pembelajaran keluarga. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 9146–9155.

Nurhayati, R. (2019). Membangun budaya literasi anak usia dini dalam keluarga. 4(1), 79–88.

Puspaningrum, D., Aji, J. M. M., Subekti, S., & Fauzia, D. (2023). Komunikasi pembangunan dalam program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) dalam upaya pemberdayaan perempuan dan anak. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 7(1), 255–266.

Reykasari, Y., Afrizal, M., & Tuharyati, Y. (2025). Sosialisasi forum anak sebagai wadah pencegahan kekerasan terhadap anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 11(1), 108–115.

Silawati, E., Ananthia, W., Mulyati, T., Riyana, A., Sonia, N., & Ramdhan, N. (2021). Developing integrated program to empower society in supporting children’s literacy practices: An overview from a village in Indonesia. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13023

Siregar. (2022). MENTERI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK IND N. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–302.

Downloads

Published

29-11-2025

Issue

Section

Articles

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

Peningkatan Literasi Anak dan Pemberdayaan Perempuan Melalui Forum Edukasi Keluarga dalam Perspektif Desa Ramah Perempuan dan Anak. (2025). JATIMAS : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30737/jatimas.v5i2.6618

Similar Articles

51-60 of 87

You may also start an advanced similarity search for this article.