KUALITAS PELAYANAN POSYANDU DESA TANJUNGSARI DALAM UPAYA PENANGANAN STUNTING

Authors

  • Muhammad Rafly Fawwaz Ramadhan Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Ira Irawati Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v8i1.5509

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Posyandu, Stunting

Abstract

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting dibuat sebagai strategi nasional dalam percepatan penurunan stunting di Indonesia. Posyandu sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat desa diharapkan dapat menjadi aktor dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan stunting. Penting untuk melihat faktor-faktor penyebab stunting pada balita dan kaitannya dengan kualitas pelayanan Posyandu di Desa Tanjungsari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Kualitas Pelayanan Posyandu Desa Tanjungsari Dalam Upaya Penanganan Stunting. Teori yang digunakan sebagai dasar dari penelitian ini adalah Teori Kualitas Pelayanan dari Zeithaml. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta data sekunder melalui studi dokumen dan literatur. Analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa bahwa kualitas pelayanan Posyandu Desa Tanjungsari dalam upaya penanganan stunting sudah cukup baik. Menurut penelitian yang dilakukan, terdapat 4 dimensi kualitas pelayanan yang masuk kedalam kategori baik dan 1 dimensi kualitas pelayanan yang kurang baik yaitu dimensi tangible

References

Arifah, N. N. (2023). KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA CIMAHI (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).

Bandung, W.R.K. (no date a) Lebih Terukur, Posyandu Kini Ukur Balita Dengan Antropometri Kit, https://www.bandung.go.id. Available at: https://www.bandung.go.id/news/read/7540/lebih-terukur-posyandu-kini-ukur-balita-dengan-antropometri-kit (Accessed: 25 December 2023).

Darado, Y. T., Kairupan, B. H. R., & Sumampouw, O. J. (2023). KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN BERDASARKAN DIMENSI RELIABILITY, RESPONSIVNESS, ASSURANCE, EMPATHY, DAN TANGIBLE DI RUMAH SAKIT TINGKAT II ROBERT WOLTER MONGISIDI MANADO. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 387-395.

Dewi, I., & Sumi, S. S. (2023). Eksplorasi Adaptasi Ibu dalam Upaya Pengentasan Stunting. Journal of Telenursing (JOTING), 5(1), 153-161.

Fadlah, N. U., & Saharuddin, E. (2023). Hubungan Pengetahuan Ibu Terhadap Stunting Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan (Studi Pada: Kalurahan Caturharjo). Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 4(2), 159-175.

Hildawati, H. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum (Rsud) Dumai. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 1(1).

Irmawati, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. Katalogis, 5(1).

Julianawati, T. T., Husnah, R., Nuranisa, S., & Yanti, H. D. (2022). Peningkatan Status Gizi Seimbang Bayi dan Balita terhadap Kejadian Stunting Bukit Raya. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 5(2), 153-158.

Khesia, K., & Dwimawanti, I. H. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 7(3), 289-301.

Khozin, M., & Mutmainah, N. F. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Lansia di Puskesmas Mantrijeron Kota Yogyakarta. J Manaj Pelayanan Publik, 1(2), 143.

Krismanto, H., & Irianto, S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kota Dumai. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 3(1), 32.

Pemdes Tanjungsari Karangpawitan Konsens Tangani stunting. Jabarbicara.com. (n.d.). https://jabarbicara.com/pemdes-tanjungsari-karangpawitan-konsens-tangani-stunting

Rahadianti, A., Setiati, A., & Rahayu, T. S. (2023). PENYULUHAN PENCEGAHAN TERJADINYA STUNTING DALAM UPAYA PEMBANGUNAN KESEHATAN DI DESA SINDANGPALAY KECAMATAN KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(3), 323-329.

Rahman, G. S., Bekti, H., & Munajat, M. E. (2019). Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 2(2), 100-106.

Satibi, I. (2023). Manajemen Publik Dalam Perspektif Teoritik dan Empirik.

Savira, W. D., & Subadi, W. (2023). KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DILIHAT DARI ASPEK TANGIBLE (BERWUJUD) DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS HIKUN KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG. JAPB, 6(2), 749-762.

Setiyabudi, R. (2019). Stunting, risk factor, effect and prevention. Medisains, 17(2), 24. https://doi.org/10.30595/medisains.v17i2.5656

Utami, A. S., & Nur, I. M. (2023). Pekerjaan Ibu sebagai Faktor Dominan Kejadian Stunting pada Anak Usia 24–59 Bulan. Jurnal Riset Kedokteran, 49-56.

Wibowo, D. P., Irmawati, S., Tristiyanti, D., Normila, N., & Sutriyawan, A. (2023). Hubungan Pola Asuh Ibu dan Pola Pemberian Makanan terhadap Kejadian Stunting. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 6(2), 116-121.

PlumX Metrics

Published

29-04-2024

How to Cite

Ramadhan, M. R. F., & Irawati, I. (2024). KUALITAS PELAYANAN POSYANDU DESA TANJUNGSARI DALAM UPAYA PENANGANAN STUNTING. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 8(1), 62–80. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v8i1.5509

Issue

Section

Articles