EKSPLORASI PENERAPAN E-PURCHASING UNTUK MENCAPAI VALUE FOR MONEY DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DI KABUPATEN NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.30737/mediasosian.v9i1.6399Keywords:
E-Purchasing, Value For Money, Pengadaan Barang/Jasa, Pendekatan KritisAbstract
Pengadaan barang/jasa pemerintah memiliki peran strategis untuk mendukung pembangunan nasional. Terdapat alokasi anggaran negara yang cukup besar ke sektor pengadaan barang/jasa pemerintah. Penggunaaan dana yang besar harus diimbangi dengan penerapan prinsip value for money (VFM) agar belanja pemerintah dapat benar-benar efisien, efektif, dan bermanfaat semaksimal mungkin dan tidak menimbulkan pemborosan keuangan negara. Pemerintah Kabupaten Nganjuk menerapkan e-purchasing sebagai instrumen pengadaan untuk mencapai value for money. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis secara kritis apakah penerapan e-purchasing sudah berhasil mencapai value for money (efisien, efektif, ekonomis) terhadap barang/jasa yang diperoleh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kritis. Penelitian kritis adalah pendekatan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kesadaran kritis dan tindakan kritis partisipan penelitian dalam menghadapi masalah pada realitas sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-purchasing di Kabupaten Nganjuk belum bisa sepenuhnya mencapai value for money pada proses pengadaan barang/jasa pemerintah. Tiga indikator yaitu ekonomi, efisien, dan efektif untuk mendapatkan barang/jasa dinilai belum diterapkan secara efektif. Relasi kuasa dalam birokrasi pengadaan menjadi faktor yang dapat mengintervensi ketimpangan dan menurunkan kualitas pengadaan. Oleh karena itu, optimalisasi e-purchasing untuk mencapai value for money di Kabupaten Nganjuk memerlukan penguatan kapasitas SDM, reformasi budaya kerja, peningkatan sistem pengawasan, dan peningkatan fitur sistem e-purchasing
References
Ahmad, A., Adys, A. K., & Haq, N. (2020). Implementasi E-Procurement Dalam Pengadaan Barang Dan Jasa Di Bagian Layanan Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah (Blpbj) Sekretariat Daerah Kota Makassar. JPPM: Journal of Public Policy and Management, 2(2), 85–92. https://doi.org/10.26618/jppm.v2i2.4564
Doverianda, B., Wardiyanto, B., & Setijaningrum, E. (2025). Membangun Layanan Publik yang Partisipatif : Studi Kasus SIPRAJA melalui Perspektif New Public Governance. 7(3), 1559–1568.
Edward, A. V., Adnan, M. F., & Khaidir, A. (2024). New Public Manajemen: Studi Kasus Penerapan New Public Manajemen dalam Organisasi Publik di Indonesia. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(2), 54–62. https://doi.org/10.61579/future.v2i2.97
Fitriani. (2017). Analisis Value For Money Dalam Pengukuran Kinerja Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba [Universitas Muhamadiyah Makassar]. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3954-Full_Text.pdf
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV PUSTAKA ILMU.
Hikmah, R. N., & Irjayanti, M. (2023). Analisis Efektivitas Pengadaan Barang/Jasa secara Elektronik (E-Procurement) pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat. Review of Accounting and Business, 3(2), 133–152. https://doi.org/10.52250/reas.v3i2.602
Imam Fachruddin, I. F. (2024). Implementasi pengadaan barang dan jasa melalui sistem katalog elektronik ( e-purchasing ) di kabupaten kediri. 01(02), 123–135.
Iqbal, M. (2020). Pengaruh Pelaksanaan E Katalog Dalam Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Terhadap the Effect of Implementation of E Catalogs in Procurement of Goods / Government Services. Jurnal USM Law Review, 3(1), 77–97. https://journals.usm.ac.id/index.php/julr/article/view/2204/0
Kusnanto Nugroho. (2022). Jurnal Kebijakan Ekonomi Pengaruh Implementasi Model Kematangan terhadap Pencapaian Value for Money untuk Efisiensi Pengadaan Barang / Jasa Studi kasus : Unit Kerja Pengadaan Barang / Jasa pada Program Strategi Nasional Pencegahan Korupsi Pengaruh Impleme. 17(1). https://doi.org/10.21002/jke.2022.04
Mariono, Y. (2018). Efektifitas Pengadaan Barang Dan Jasa Berbasis Elektronik (E-Procurement) Pada Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Surabaya.
Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Remaja.
Njelesani, J., Gibson, B. E., Nixon, S., Cameron, D., & Polatajko, H. J. (2013). Towards a critical occupational approach to research. International Journal of Qualitative Methods, 12(1), 207–220. https://doi.org/10.1177/160940691301200109
Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Toko Daring Dan Katalog Elektronik Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. (n.d.). LKPP.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. (n.d.).
Rachman, A. (2023). Pemetaan Potensi Kecurangan Dalam Metode E-Purchasing Pada Proses Pengadaan Barang/Jasa di Indonesia. Indonesian Corruption Watch. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://antikorupsi.org/sites/default/files/dokumen/Mapping Potential Fraud in Epurchasing Procurement in Indonesia.pdf
Setijaningrum, E., Mardiyanta, A., Wardiyanto, B., & Samad, S. A. (2025). When Silence Speaks : Public Service Innovation , Village Authority , and the Negotiation of Traditional Justice in Rural Indonesia ’ s Youth Protection System. 1–17.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43
Ulya, Z., Wardiyanto, B., & Setijaningrum, E. (2025). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di DKI Jakarta melalui Aplikasi JAKI : Pendekatan New Public Service dan Inovasi Teknologi. 7(2), 1382–1393.
Wardiyanto, B., Setijaningrum, E., Samad, S., & Kandar, A. H. (2025). Mending the mismatch of minds and mandates: reimagining competency-centric public service delivery in Bojonegoro Regency, Indonesia. Cogent Business and Management, 12(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2442538
Wiguna Murti, I. W. I., Wirawan, W. A., & Prayitno, J. (2022). Efektivitas Komunikasi Dalam Mencegah Fraud Pada Pengadaan Barang Dan Jasa. Samvada : Jurnal Riset Komunikasi, Media, Dan Public Relation, 1(2), 27–36. https://doi.org/10.53977/jsv.v1i2.757
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Restu Gustiono, Ujiana Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




