Efektivitas Strategi Pelayanan Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan dengan Sistem Mobling (Mobil Keliling) (Studi pada UPTD 6 Wiyung Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.30737/mediasosian.v9i2.6827Keywords:
efektivitas organisasi, strategi pelayanan publik, Sistem Mobling, PBBAbstract
Pajak adalah sebuah iuran wajib kepada negara oleh setiap masyarakat khususnya yang menjadi wajib pajak dan pajak merupakan sumber pendapatan Negara yang terbesar. Salah satunya adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang menjadi kontribusi bagi penerimaan daerah semenjak adanya pelimpahan wewenang PBB kepada Daerah. Diketahui salah satu strategi pelayanan yang dilakukan dalam pemungutan PBB di Kota Surabaya adalah sistem Mobling (mobil keliling). Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat efektivitas strategi pelayanan sistem Mobling pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan (DPPK) Daerah pada UPTD 6 Wiyung Surabaya, yang diukur dengan menggunakan teori Gibson dengan beberapa faktor yaitu produktivitas, efisiensi, kepuasaan, adaptasi dan pengembangan. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dan temuan penelitian ini menekankan tentang keberadaan sistem Mobling sangat memudahkan wajib pajak (WP) dan lebih mendekatkan jarak wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak dengan tempat tinggalnya. Di sisi lain, kekurangan dari sistem Mobling ini yaitu masih belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas serta keterbatasan sosialisasi dan komunikasi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah menekankan kepada DPPK Kota Surabaya untuk meningkatkan jumlah pelayanan PBB Mobling dengan pembagian wilayah di Kota Surabaya dengan berdasarkan titik strategis di setiap wilayahnya.
References
Alimansyah, & Suratman. (2023). Manajeman Pelayanan Publik Prima (Fariz Antonius Azhari, Ed.). Penerbit Adab .
Ansori, A. I., & Askafi, E. (2023). Efektivitas Aplikasi Sikab Taji Prima Dalam Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan (ADMINDUK) Di Kabupaten Pacitan. Otonomi, 23(2), 269. https://doi.org/10.32503/otonomi.v23i2.4434
Arhur G.Gedeian dkk. (1991). Organization Theory and Design. Universitas Terbuka .
Dana P. Turner MSPH, PhD. 2020. “Sampling Methods in Research Design.” The Journal of Head and Face Pain, 60(1), 8-12.
Daniarsyah, D. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Program Kartu Kusuka Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan. JIPAGS (Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies), 3(2). https://doi.org/10.31506/jipags.v3i2.7552
Data Komisi B DPRD Surabaya dan DPPK. (2023). Target PBB Meleset .
Dewi, K. A. S. C., Lukman, J. P., & Yudartha, I. P. D. (2025). Efektivitas Pelayanan Mobil Keliling Dalam Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak PBB-P2 di Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar. Socio-Political Communication and Policy Review. https://doi.org/10.61292/shkr.207
Fadia, S. A. (2024). Inovasi pemungutan pajak bumi bangunan pedesaan dann perkotaan melalui program Jemput Bola (Mobling) pada Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Fahmi Jahidah Islamy, Tjutju Yuniarsih, & Eeng Ahman. (2021). Efektivitas Organisasi Berbasis Manajemen Pengetahuan Dalam Perspektif Perilaku Organisasi . Gracias Logis Kreatif .
Firmansyah, I., & Pramiudi, U. (2020). Analisis Pengendalian Intern Atas Sistem Informasi Penjualan Terhadap Efektivitas Dan Efisiensi Penjualan PT. Enseval Putera Megatrading Tbk. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.286
Kamlannabila, A., Huda, S., & Perdana, P. (2025). Optimalisasi Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Melalui Penyampaian Informasi Tagihan Secara Door-To-Door Di Kecamatan Sambikerep. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 279–292. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8620
Kominfo.Jatimprov. (2024, December 26). Pajak Dekat di Hati, Bapenda Surabaya Catat Realisasi PBB Sudah 78 Persen.
Lestari, E. D. (2015). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Surabaya. Publika, 3(4).
Mariana, M. (2023). Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan; Kasus Kabupaten Pidie. Hei Ema : Jurnal Riset Hukum, Ekonomi Islam, Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 108–115. https://doi.org/10.61393/heiema.v2i2.214
Melati, S. A. (2025). Sinergi Bapenda dan Mahasiswa Untuk Meningkatkan Pendapatan Daerah Surabaya di Kecamatan Lakarsantri. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 6(2). https://doi.org/10.26874/jakw.v6i2.851
Muhammad Dian Maulana, & Dwi Septiani. (2022). Pengaruh Layanan Samsat Keliling, E-Samsat Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Journal.Maranatha.Edu, 14.
Nainggolan, E. P. (2022). Pajak Bumi Dan Bangunan Dalam Perspektif Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Medan. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.59086/jam.v1i1.1
Nina Ismaya, La Ode Mustafa, & Jopang. (2022). Efektivitas Pelayanan Publik Diukur Dengan Pendekatan Teori Sistem Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Buton Utara . Jurnal Administrasi Pembangunan Dan Kebijakan Publik.
Pratama, D. Y., & Rahaju, T. (2022). Implementasi Inovasi Layanan Mobil Keliling (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek). Publika, 621–636. https://doi.org/10.26740/publika.v10n2.p621-636
Rachmadi, R. A., & Muslimin, M. (2024). Analisis Kontribusi dan Efektivitas Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya Tahun 2018-2022. Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting, 1(2), 116–122. https://doi.org/10.52620/jseba.v1i2.40
Rajagukguk, J., & Halawa, R. L. (2024). Pengaruh Kemampuan Adaptasi Dan Konsistensi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Iss Indonesia Area Thamrin Plaza Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 4(1), 102–119. https://doi.org/10.51622/jispol.v4i1.2386
Revani Sasmitaning Wulan. (2020). Implementasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) Di Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya. Publika .
Reynaldi Alex Korengkeng, emmy Maria Gorettie Tulusan, & Novva Novita Plangiten. (2023). Efektivitas Organisasi Pemerintah Kecamatan dalam Penyelenggaraan Pelayanan di Kecamatan Langowan Utara Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik , 9(2).
Richard M. Steers. (1985). Efektivitas Organisasi (Cet 2). Erlangga .
Anindya R..2024.”Pelayanan pembayaran pajak PBB melalaui sistem Mobling”.Hasil wawancara pribadi:17 September 2024, UPTD 6 Surabaya
Supriatna, N., Supriyanto, E., & Uzliawati, L. (2024). Dampak Penerimaan PBB-P2 Buku I, II Dan III Sebelum Dan Sesudah Program Moling. Jesya, 7(1), 243–250. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1478
Supriyadi, D., Zaharuddin, & Syafwandi, Prof. D. (2023). Evaluasi Kinerja Organisasi (S. kom. , M. Pd. , M. I. K. Ayu Nurul Amalia, Ed.). PT Nasya Expanding Management.
Yeni Rosnaeni, Herawan Hayadi, & Furtasan Ali Yusuf. (2024). Manajemen Perubahan, Dan Faktor-Faktor Penyebab Dalam Perubahan Organisasi. Jurnal Manajemen Strategis, 1(2).
Yola Amalia, M., & Kristina, A. (2021). Adaptasi Lingkungan Bisnis Saat Pandemi Covid 19 (Studi Pada UMKM Ledre Di Desa Padangan, Bojonegoro-Jawa Timur). JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 6(3), 84–94. https://doi.org/10.29407/jae.v6i3.16724
Yudianto, E., Ridhoh, A., & Melani, A. P. (2023). Efektivitas Pelayanan Kesehatan dalam Perspektif Matrik Inovasi Sektor Publik pada Kota Probolinggo. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 63–69. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1415
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riesca Anindya Septantina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




