Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen (Studi pada Konsumen Ngaropi Café Kampus Inggris Pare Kabupaten Kediri)
DOI:
https://doi.org/10.30737/risk.v3i1.3825Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga terhadap keputusan konsumen pada Ngaropi Cafe Kampung Inggris Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan statistik. Populasi seluruh konsumen pada Ngaropi Cafe Kampung Inggris Pare Kabupaten Kediri dalam 1 bulan. Sedangkan sampelnya yaitu sebanyak 100 konsumen/responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas pelayanan secara parsial terhadap variabel keputusan konsumen hasil sig. < 0, 05 dan sig. 0, 000 < 0, 05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel fasilitas secara parsial terhadap variabel keputusan konsumen hasil uji t di mana sig. < 0, 05 yaitu sig. 0, 02 < 0, 05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel harga secara parsial terhadap variabel keputusan konsumen pada hasil uji t 2, 447 > 0, 068 dan sig. 0, 031 < 0, 05. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga secara simultan terhadap variabel keputusan konsumen pada hasil Uji F yaitu dan sig. 0, 002 < 0, 05 (Ho ditolak).References
Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi II. Rajawali Press, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. PT.Rineka Cipta, Jakarta.
Ferdinand, Augusty. 2016. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gasperz, Vincent. 2013. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Cetakan Kedua. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kotler, P dan KL.Keller. 2016. Marketing Management. Pearson Education Inc.
Kotler, P dan G, Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2. Erlangga, Jakarta.
_______. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi 13. Alih Bahasa Benyamin Molan. Prehallindo, Jakarta.
Lukasyanti, Dewi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Kabupaten Pekalongan. Skripsi S1 Universitas Semarang, Semarang.
Prasetijo, Ristiyanti, & John J.O.I Ihalauw. 2015. Perilaku Konsumen. Andi Offset, Yogyakarta.
Raharjani, J. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Study Kasus Pada Pengaruh Unique Selling Proposition terhadap Keputusan Pembelian Survei pada konsumen Restoran Bebek Garang Cabang Braga dan Bebek Van Java Cabang Lombok Kota Bandung). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi. Vol 2 (1): 1-15.
Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Prenadamedia Group, Jakarta.
Sukandarrumidi. 2012. Metode Penelitian. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.
Swastha, B. dan Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Jakarta.
_______. 2012. Strategi Pemasaran, Edisi ke-2. Cetakan ke-7. Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy & Chandra Gregorius. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi ke-3. Andi Offset, Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Afit Larasajeliana, Endang Triwidyati, Mohammad Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).