Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen (Studi pada Konsumen Ngaropi Café Kampus Inggris Pare Kabupaten Kediri)

Authors

  • Afit Larasajeliana
  • Endang Triwidyati
  • Mohammad Arifin

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v3i1.3825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga terhadap keputusan konsumen pada Ngaropi Cafe Kampung Inggris Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan statistik. Populasi seluruh konsumen pada Ngaropi Cafe Kampung Inggris Pare Kabupaten Kediri dalam 1 bulan. Sedangkan sampelnya yaitu sebanyak 100 konsumen/responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas pelayanan secara parsial terhadap variabel keputusan konsumen hasil sig. < 0, 05 dan sig. 0, 000 < 0, 05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel fasilitas secara parsial terhadap variabel keputusan konsumen hasil uji t di mana sig. < 0, 05 yaitu sig. 0, 02 < 0, 05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel harga secara parsial terhadap variabel keputusan konsumen pada hasil uji t 2, 447 > 0, 068 dan sig. 0, 031 < 0, 05. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga secara simultan terhadap variabel keputusan konsumen pada hasil Uji F yaitu dan sig. 0, 002 < 0, 05 (Ho ditolak).

References

Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi II. Rajawali Press, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. PT.Rineka Cipta, Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2016. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gasperz, Vincent. 2013. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Cetakan Kedua. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, P dan KL.Keller. 2016. Marketing Management. Pearson Education Inc.

Kotler, P dan G, Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2. Erlangga, Jakarta.

_______. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi 13. Alih Bahasa Benyamin Molan. Prehallindo, Jakarta.

Lukasyanti, Dewi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Kabupaten Pekalongan. Skripsi S1 Universitas Semarang, Semarang.

Prasetijo, Ristiyanti, & John J.O.I Ihalauw. 2015. Perilaku Konsumen. Andi Offset, Yogyakarta.

Raharjani, J. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Study Kasus Pada Pengaruh Unique Selling Proposition terhadap Keputusan Pembelian Survei pada konsumen Restoran Bebek Garang Cabang Braga dan Bebek Van Java Cabang Lombok Kota Bandung). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi. Vol 2 (1): 1-15.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Prenadamedia Group, Jakarta.

Sukandarrumidi. 2012. Metode Penelitian. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Swastha, B. dan Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Jakarta.

_______. 2012. Strategi Pemasaran, Edisi ke-2. Cetakan ke-7. Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy & Chandra Gregorius. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi ke-3. Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-05-30

How to Cite

Larasajeliana, A., Triwidyati, E., & Arifin, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen (Studi pada Konsumen Ngaropi Café Kampus Inggris Pare Kabupaten Kediri). RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 3(1), 104–123. https://doi.org/10.30737/risk.v3i1.3825

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)