Penentuan Strategi Pemasaran dalam Masa Pandemi Dengan Metode SWOT

Authors

  • sudarto sudarto Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Wisnuwardhana
  • Nurfa Anisa Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Wisnuwardhana

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatiunik.v5i2.2377

Keywords:

Marketing Strategy, Pandemic, SWOT, TOPSIS

Abstract

Sales or marketing as an important part of the company in realizing the goals and objectives to be achieved. The main goal of the company's sales and marketing is that the company can survive and improve in the midst of the current pandemic. PT Oxyplast Indonesia is a company that produces powder coatings that meet the needs of customers in Indonesia. To increase sales which automatically increase profits, it is necessary to take steps and determine sales and marketing strategies in the midst of this pandemic. Companies have to get through the storm and have to get through it with their heads held high because almost all companies go through the same thing. From various kinds of obstacles, both internal and external, the research dissects the problem using SWOT analysis. Why is a SWOT analysis used because it can identify factors or steps in determining accurate and appropriate sales and marketing strategies. If the SWOT method is described in terms of sales and marketing, it is expected to make it easier to achieve company goals, then the next step is to use the MCDM (multi-criteria decision-making) method. If it is known the next step is to use factor identification by using the TOPSIS method used to conduct alternative marketing strategies that are ideal and best.


Penjualan atau pemasaran sebagai bagian penting dalam perusahaan dalam mewujudkan tujuan maupun sasaran yang akan dicapai. Tujuan utama penjualan maupun pemasaran perusahaan adalah perusahaan bisa bertahan dan meningkat di tengan pandemi yang sedang melanda seperti sekarang ini. PT Oxyplast Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi powder Coating yang memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia. Untuk meningkatkan penjualan yang secara otomatis peningkatan profit perlu dilakukan langkah – langkah maupun penentuan strategi penjulan maupun pemasaran ditengah pandemi ini. Perusahan harus bisa melewati badai dan harus bisa melewatinya dengan kepala tegak karena hampir semua perusahaan mengalami hal serupa. Dari berbagai macam rintangan baik yang dari internal maupun eksternal penelitian membedah masalah tersebut dengan menggunakan analisis SWOT. Kenapa analisis SWOT yang digunakan karena bisa mengidentifikasi faktor – faktor atau langkah – langkah dalam menentukan strategi penjualan dan pemasaran yang jitu dan tepat. Apabila metode SWOT ini dijabarkan dalam hal penjulaan maupun pemasaran diharapkan memudah untuk mencapai tujuan perusahaan maka langka selanjutnya menggunakan metode MCDM (multi criteria decision- making) Apabila sudah diketahui langkah selanjutnya menggunakan identifikasi faktor dengan menggunakan metode TOPSIS yang digunakan untuk melakukan perangkingan alternatif strategi pemasaran yang ideal dan terbaik.

References

D. A. D. Nasution, E. Erlina, and I. Muda, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia.,†J. Benefita, vol. 5, no. 2, pp. 212-224., 2020.

Y. Sumarni, “Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis,†Al-Intaj J. Ekon. Dan Perbank. Syariah, vol. 6, no. 2, pp. 46–58, 2020.

A. Komari, L. D. Indrasari, A. Y. Tripariyanto, and S. Rahayuningsih, “Analysis of SWOT Marketing Strategies and 7P Influence on Purchasing Decision.,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1569, no. 3, 2020, doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/3/032002.

N. P. E. D. Yanti, I. M. A. D. P. Nugraha, G. A. Wisnawa, N. P. D. Agustina, and N. P. A. Diantari, “Public Knowledge about Covid-19 and Public Behavior During the Covid-19 Pandemic,†J. Keperawatan Jiwa, vol. 8, no. 4, p. 491, 2020, doi: 10.26714/jkj.8.4.2020.491-504.

R. Bakri, Riskayani, I. M. Fahmid, and Delfi, “PT Chalodo Sibali Resoe’s Chocolate marketing strategy,†IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 681, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1755-1315/681/1/012108.

K. S. Nugraha, N. N. S. Astuti, and N. L. E. Armoni, “Marketing Strategy in Enhancing Competitive Advantage at Mercure Chamonix Center Hotel, France,†J. Appl. Sci. Travel Hosp., vol. 3, no. 2, pp. 107–115, 2020, doi: 10.31940/jasth.v3i2.1928.

P. Cahyono, “Implementasi strategi pemasaran dengan menggunakan Metode SWOT dalam upaya meningkatkan penjualan produk jasa asuransi kecelakaan dan kematian pada PT. Prudential Cabang Lamongan.,†JPIM (Jurnal Penelit. Ilmu Manajemen), vol. 1, no. 2, p. 10, 2016.

D. S. Annisa, I. Ardiansah, and T. Pujianto, “Marketing Srategy At Mango Day By,†no. 3, 2017.

E. S. Soegoto and A. H. Nugroho, “Marketing Strategy in Travel Agency,†pp. 0–5, 2020.

H. A. Fachriyan and L. R. Waluyati, “Perubahan Traditional Marketing Mix ( 4P ) di dalam E-Marketplace dan Dampaknya pada Keunggulan Posisional Bersaing UMKM Pangan,†vol. 16, no. 2, pp. 167–177, 2021.

R. Pardiyono and S. Nugrahati, “Penentuan skala prioritas dalam strategi pemasaran produk merek pecandu coffee,†Ilmu Manaj. dan Akunt., vol. 8, no. 2, pp. 23–33, 2020.

I. Putong, “Teknik Pemanfaatan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri (A-SWOT-TSI),†J. Ekon. Bisnis, vol. 2, no. 8, pp. 65–71, 2003.

Z. Nisak, “Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif,†Academia, pp. 468–476, 2013.

A. G. Abdullah, L. Warlina, P. S. Kurniati, and A. B. D. Nandiyanto, “Preface,†IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 407, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/407/1/011001.

Y. E. Kiswati and L. M. C. W, “Pengambilan Keputusan Media Pemasaran Digital Terbaik Menggunakan Metode TOPSIS,†Pros. Semin. Nas. Ris. dan Teknol. Terap. 2021, no. 2020, pp. 1–6, 2021.

R. Rahim et al., “TOPSIS Method Application for Decision Support System in Internal Control for Selecting Best Employees,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1028, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1028/1/012052.

H. H. Juniar and R. D. Astuti, “SEMINAR NASIONAL TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS GADJAH MADA 2016 Yogyakarta, 27 Oktober 2016,†Front. Ind. Eng., pp. 33–39, 2016.

N. Luh, W. Sri, R. Ginantra, C. P. Yanti, and D. G. Toraja, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Tenaga Unit Medis di RS Ari Canti dengan Metode Topsis,†vol. 4, no. September, pp. 657–667, 2020.

F. Vokasi, Kementerian pendidikan dan kebudayaan institut teknologi sepuluh nopember fakultas vokasi, vol. 5945472. 2020.

S. Sumiyatun and R. Wardoyo, “Kombinasi Metode Anp Dan Topsis Dalam Menentukan Prioritas Media Promosi Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Stmik Akakom Yogyakarta),†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 1, no. 2, pp. 21–27, 2016, doi: 10.26798/jiko.2016.v1i2.34.

N. J. Marbun, S. F. Mahmud, and ..., “Strategi Pemasaran Alat Olahraga Toko Yonex Sport Di Kota Dumai,†J. ARTI (Aplikasi …, no. 1, pp. 100–107, 2021.

PlumX Metrics

Published

2022-04-19

How to Cite

sudarto, sudarto, & Anisa, N. (2022). Penentuan Strategi Pemasaran dalam Masa Pandemi Dengan Metode SWOT. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 5(2), 109–124. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v5i2.2377

Issue

Section

Articles