Identifikasi Penerapan Dan Pemahaman Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Dengan Metode Hazard And Operability Study (Hazop) Pada UMKM Eka Jaya

Sri Rahayuningsih(1*),

(1) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik. Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko-risiko jika tidak menerapkan dan memahami tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) saat bekerja di area UMKM Eka Jaya yang beralamat di Jl. Moh. Hatta, RT 04, RW 03, Sembung, Tulungagung - Jawa Timur. Dalam penelitian ini menggunakan metode Metode Hazard And Operability Study (HAZOP) yang bertujuan untuk mengidentifikasi risiko-risiko dalam area kerja tersebut. Dengan metode ini, didapat hasil penelitian HAZOP berupa bidang antara lain : titik kajian, parameter, kata kunci, penyebab, akibat. Selain itu, juga digunakan penilaian risiko untuk menentukan nilai likelyhood dan severity, kemudian penentuan peringkat risiko dengan tabel matriks risiko dan penilaian risiko. Setelah melihat kasus dan identifikasi masalah, objek yang di teliti yaitu: Mesin pengaduk, Bak perendaman, Suhu dalam area kerja outdoor dan indoor. Kemudian masuk ke tahap potensi bahaya, dikelompokkan menurut penilaian yang terjadi, jika risiko rendah diberi warna hijau, sesuaikan dengan tabel matriks dan nilai risiko. Setelah identifikasi permasalahan tersebut, didapat hasil bahwa risiko tidak memakai alat pelindung diri masuk kategori rendah, suhu tinggi waktu proses penggorengan masuk kategori sedang, terpeleset saat di bak perendaman, kelalaian pengoperasian mesin karena mesin tidak tertutup bagian v-belt masuk kategori tinggi, dalam hal desain adalah menyediakan ruang terbuka untuk pekerja divisi penggorengan.

Kata kunci: HAZOP, Likelyhood, Matriks, Risiko, Severity, V-belt


Full Text:

PDF

References


Chomiarti, Dian. (2008). Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Berbasis Perilaku Pada Pekerja Konstruksi (Studi Kasus: PT. Wahana Karsa Swandiri). Tugas Akhir Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi.

Dian P.R., dkk. (2015). Analisis Kecelakaan Kerja dengan menggunakan Metode Hazard And Operability Study (HAZOP).Jurnal Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang. Volume 14.

Deddy K. 2016. Penerapan Pencatatan Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan berdasarkan Sak Etap pada UMKM desa Gembongsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional. Universitas Jember.

Pujiono, dkk. 2013. Analisis Potensi Bahaya Serta Rekomendasi Perbaikan Dengan Metode Hazard And Operability Study (HAZOP) Melalui Perangkingan Ohs Risk Assessment And Control. Jurnal Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Rudy Darmawan, dkk. (2017). Identifikasi Resiko Kecelakaan Kerja dengan Metode Hazard Identification And Risk Assesmnt (HIRA) di Area Batching Plant PT. XYZ. Jurnal Teknik Industi Universitas Sultan Agung Tirtayasa. Volume 5.

Suma’mur P.K., (1989). Kesehatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan Kerja, Jakarta: CV. Haji Masagung. [7] Yuniar, dkk. (2013). Strategi Minimasi Potensi Bahaya Berdasarkan Metode Hazard And Operability Study (HAZOP).Jurnal Teknik Industri Institut Teknologi Nasional. Volume 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jatiunik.v2i1.274

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter