Perhitungan Perencanaan Mesin Pengaduk Middle Waste Asbes Kapasitas 2500 Liter

Sutikno Sutikno(1*), Sukram Sukram(2),

(1) Jurusan Teknik Mesin Sekolah Tinggi Teknologi Gempol
(2) Jurusan Teknik Mesin Sekolah Tinggi Teknologi Gempol
(*) Corresponding Author

Abstract


Didalam perusahaan PT Djabes Tunas Utama menghasilkan waste yang cukup banyak sehingga perlu adanya penanganan untuk mempercepat proses pengolahan waste tersebut. Permasalahannya adalah bagaimana cara agar waste tersebut dapat diolah dengan cepat sehingga dapat diproses untuk dimasukkan pada  proses produksi sehingga tidak terjadi penumpukan waste. Maka dari itu perlu adanya mesin pengaduk untuk mengaduk middle waste tadi agar tidak terjadi pengendapan. Dan mesin pengaduk tersebut banyak macamnya.  Dan akan direncanakan sebuah mesin pengaduk waste asbes jenis agitator, dimana peralatan atau mesin ini berfungsi untuk menampung middle waste sebelum masuk ke proses mixing dan dilakukan pengadukan secara terus menerus untuk menghindari pengendapan. Pada tugas akhir ini akan dipilih jenis agitator yang tepat untuk proses pengadukan waste tersebut, kemudian menghitung elemen-elemen mesin yang ada seperti jenis pengaduk, motor, transmisi, dan poros. Sehingga dapat menghasilkan mesin pengaduk yang tepat. Dari hasil perhitungan mesin pengaduk tersebut menggunakan motor dengan daya sebesar 0,5 HP dengan reducer 1:30, sistem transmisi menggunakan v-belt dan pulley dengan ukuran diameter pulley penggerak sebesar 129 mm dan diameter pulley yang digerakkan sebesar 200 mm, sehingga menghasilkan putaran sebesar 30 rpm. Untuk pengaduknya menggunakan jenis pengaduk paddle   dengan diameter poros penggerak sebesar 50 mm.

 

Kata kunci : Elemen  mesin, Perencanaan, Waste, Mesin pengaduk (agitator)


Full Text:

PDF

References


Sularso, Suga, Kiyokatsu. 1991. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin 〖10〗^th Edition. Jakarta : PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Deutschman, Aaron D. , Walter J Michels, Charles E Wilson. 1975. Machine Design Theory and Pratice. New York : Macmillan Publishing Co, Inc.

Hibbeler, R. C., 2001, Engineering Mechanics : Dynamics : Upper Saddle River, Prentice-Hall.

Nur Cholis, Setiawan Syarifudin. 2010. Rancang Bangun Mesin Pengaduk Bahan Baku Brem Dengan Variasi Putaran. ITS. Surabaya.

Darwin sihaloho. 2009. Rancang Bangun Mesin Pencampur (Mixer) Briket Arang Sekam Padi. ITS.Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jatiunik.v2i2.331

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter