Pengaruh Komunikasi Horisontal, Komunikasi Vertikal dan Komuikasi Diagonal Terhadap Semangat Kerja Karyawan di Perusahaan Jamu Parang Husada Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.1Keywords:
komunikasi horizontal, komunikasi vertikal, komunikasi diagonal, semangat kerja karywanAbstract
Produsen jamu di Kediri berkembang pesat mendorong industri jamu mampu bersaing untuk merebut minat masyarakat.Perusahaan Jamu Parang HusadaKediri dalam persaingan tersebut menghadapi masalah yaitu masih bernuansa tradisionalisme, letak perusahaan yang  jauh dari keramaian kota, yaitu di Dusun Purut Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sampai seberapa besar pengaruh dari komunikasi tersebut secara bersama - sama terhadap semangat kerja karyawan dan untuk mengetahui sampai seberapa besar saluran komunikasi yang paling dominan berpengaruh, diantara ke tiga komunikasi terhadap semangat kerja karyawan dan untuk mengetahui sampai seberapa besar saluran komunikasi yang paling dominan berpengaruh, diantara ke tiga komunikasi tersebut terhadap semangat kerja karyawan. Dari hasil pengujian dengan menggunakanstatistik program SPSS diketahui, bahwa variabel komunikasi vertical, komunikasi horisontal dan komunikasi diagonal secara simultan mempunyai hubungan terhadap semangat kerja karyawan. Hasil pengujian dengan regresi bergandadiketahui persamaan regresi hubungan antara variabel adalah Y = 6,860 + 0,263 X1 + 0,242 X2 + 0,358 X3 .Untuk komunikasi yang dominan dapat diketahui bahwa variabel X3 (variabel komunikasi diagonal) mempunyai pengaruh yang paling dominan dibandingkan variabel lainnya.
Downloads
References
A.W. Wijaya. 2004. Komunikasi-komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Penerbit PT. Bina Aksara. Jakarta
Alex S. Nitisemito. 2005. Manajemen Personalia. Cetakan Keempat. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta
Pengantar Metode Statistika. Jakarta : LP3ES
Edwin B. Flippo. 25 Agustus 2008. Principle of Personal Management. FiveEdition. Mc Graw Hill Inc
Heidjrachman Ranupandojo dan Suad Husnan.2005. Manajemen Personalia. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta
James G. Robbins dan Barbara S. Jones.2004. Effective Communication for Today’s Manager. Terjemahan oleh Turman Sirait, Penerbit CV. Tulus Jaya, Jakarta
Muchdarsyah Sinungan. 2005. Produktivitas. Edisi Kedua. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
Phil Astrid S. Susanto. 2005. Komunikasi Dalam Teori dan Praktek. Penerbit Bina Citra, Jakarta
Winarno Surachmad. 2005. Pengantar Metode Ilmiah. Edisi Keenam. Penerbit Tarsito, Bandung
Zaenal Mustofa EQ. 2010. Pengantar Mikrostat. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Erna Hidajati Koesoemaningroem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).