Determinan Persepsi Terhadap Sikap Penerimaan Wisata Halal Pada Masyarakat Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.30737/ekonika.v7i2.2980Keywords:
Persepsi, Sikap, Dampak Perekonomian, Wisata halalAbstract
Munculnya kontroversi mengenai wacana pengembangan wisata halal merupakan fenomena yang menarik untuk diteliti. Dengan konsep wisata halal yang dikembangkan oleh pemerintah, tentu saja masyarakat muslim menerimanya dengan antusias, namun masyarakat non-muslim belum tentu memiliki pandangan yang sama. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi produk dan layanan wisata halal serta persepsi pengembangan pada masyarakat non-muslim di Sumatera Utara sebagai indikasi sikap menerima atau menolak wacana pengembangan wisata halal. Pandangan kelompok masyarakat tersebut sangat penting dalam memastikan keberhasilan pengembangan pariwisata di masa depan. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Responden yang dipilih adalah masyarakat non-Muslim di Sumatera Utara generasi millenial dan Gen-Z. Temuan menunjukkan bahwasanya masyarakat non muslim memiliki persepsi yang positif yang mengindikasikan penerimaan terhadap wisata halal terutama persepsi pengembangan yang memuat dampak perekonomian positif. Namun pada persepsi produk dan layanan masyarakat non-muslim memberikan persepsi yang negatif dan penolakan pada etika islam yakni pelarangan minuman alkohol, adegan berpelukan dan berciuman serta larangan perjudian. Dan mereka berpendapat sepatutnya tidak ada kewajiban bagi mereka untuk mematuhi aturan islam dilokasi wisata.Downloads
References
Abror, A., Patrisia, D., Trinanda, O., & Omar, M. W. (2020). Antecedents of word of mouth in Muslim-friendly tourism marketing : the role of religiosity word of mouth. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2020-0006
Adhikrisna, Y. B., Hidayat, W., & Arifin, Z. (2016). Analisis pengaruh pariwisata terhadap produk domestik regional bruto Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timurر. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 14(1), 60–72.
Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Kadarningsih, A. (2018). Desa wisata halal : konsep dan implementasinya di Indonesia. Human Falah, 5(1), 29–48.
Akouino, C. (2013). Analisis penyerapan tenaga kerja sektor pariwisata (sektor perdagangan, hotel dan restoran). Jurnal Ekonomi Pembangunan, 11(2), 154–167. https://doi.org/10.22219/jep.v11i2.3737
Al Hasan, F. A. (2017). Penyelenggaraan parawisata halal di Indonesia ( analisis fatwa DSN-MUI tentang pedoman penyelenggaraan pariwisata berdasarkan prinsip syariah ). Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 2(1), 60–78.
Amin, M. (2020). Model minat kunjungan wisata berdasarkan lingkungan fisik, sikap dan norma subyektif. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik Dan Bisnis, 1(1).
Awwal, M. A. F., & Rini, D. W. S. (2019). Perbandingan pengaruh persepsi terhadap minat masyarakat untuk mengunjungi destinasi pariwisata halal pada lima Kabupaten/Kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Master Pariwisata, 6(1), 157–182.
Battour, M., Hakimian, F., Ismail, M., & Bogan, E. (2018). The perception of non-Muslim tourists towards halal tourism Evidence from Turkey and Malaysia. https://doi.org/10.1108/JIMA-07-2017-0072
Battour, M., Rahman, M. K., & Rana, S. (2019). The impact of PHTPS on trip quality , trip value , satisfaction and word of mouth. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2019-0058
Bhardwaj, P. (2019). Types of Sampling in Research. Journal of the Practice of Cardiovascular Science, 5(3), 157–163. https://doi.org/10.4103/jpcs.jpcs
Garrod, B., & Nicholls, S. (2022). British tourists ’ adjustment to cultural expectations in Muslim-majority countries. 91(July 2021).
Gustina, Yenida, & Novadilastri. (2019). Potensi wisata halal dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 11(2), 121–132.
Harahsheh, S., & Haddad, R. (2020). Implications of marketing Jordan as a Halal tourism destination. 11(1), 97–116. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2018-0036
Jia, X., & Chaozhi, Z. (2020). “ Halal tourism â€: is it the same trend in non-Islamic destinations with Islamic destinations ? “ Halal tourism †: is
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rija Aini, Mustapa Khamal Rokan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).