KUALITAS PELAYANAN PUBLIK E-KTP DI KECAMATAN WATES KABUPATEN BLITAR

Authors

  • Harnanik Sadida Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia
  • Imam Fachruddin Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia
  • Teguh Pramono Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v1i1.5233

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, E-KTP

Abstract

Adanya kewajiban pemerintah daerah memberikan pelayanan publik bagi warganya juga dijadikan dasar Pemerintah Kecamatan Wates untuk berinovasi dan berkreasi utamanya utnuk membantu warga memperoleh identitas pribadinya yaitu E-KTP. Dalam proses pelayanan publiknya Kantor Kecamatan Wates memiliki inovasi melalui program pelayanan publik virtual “Mall Pelayanan Publik Jalasutra”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  deskriptif  kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan didasarkan pada teori Zeithaml yang merumuskan 5 indikator dari kualitas pelayanan publik antara lain adalah tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiviness (ketanggapan), assurance (jaminan), emphaty (empati) menunjukkan kualitas pelayanan yang terdapat di Kantor Kecamatan Wates sudah berjalan dengan baik akan tetapi belum efektif. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kendala seperti kekurangan persediaan keping E-KTP, adanya gangguan jaringan sehingga memperlambat pelayanan, peralatan lama yang sudah usang telah banyak berkurang fungsinya.

References

Aris, M., Agustang, A., & Idkhan, A. M. (2021). Efektifitas Pelayanan Aparatur Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 127–133.

Barus, R. M., Syahrin, A., Arifin, S., & Hamdan, M. (2015). Pertanggungjawaban Pidana Illegal Logging (Pembalakan Liar) sebagai Kejahatan Kehutanan Berdasarkan Undang-undang No. 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan dan Undang-undang No. 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. USU Law Journal, 3(2), 106–114.

Chusniati, S. (2018). Implementasi Kebijakan Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Di Kabupaten Trenggalek. Mediasosian, Vol. 2(2), hal. 57-64.

Dwiyanto, A. (2018). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. UGM PRESS.

Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, I. G. I., & Kom, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kurniawan, R. C. (2016). Tantangan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 7(1), 15.

Moleong Lexy, J. (2000). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Posdakarya, Bandung.

Mustanir, A., Razak, M. R. R., Koisin, E., Fitrianto, M. R., Lestari, A., Rizkia, N. D., Wicaksono, A. S., Muliani, S., Prastya, I. Y., & Syamsuadi, A. (2022). Pengantar Ilmu Administrasi Publik. Media Sains Indonesia.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, 49(4), 41–50.

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-Angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., & Silalahi, M. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Rahman, M. (2017). Ilmu Administrasi (Vol. 1). SAH MEDIA.

Ramadhan, F., Muhafidin, D., & Miradhia, D. (2021). Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Ibun Kabupaten Bandung. JANE - Jurnal Administrasi Negara, 12(2), 58. https://doi.org/10.24198/jane.v12i2.28684

Saggaf, S., Said, M. M., & Saggaf, W. S. (2018). Reformasi Pelayanan Publik di Negara Berkembang (Vol. 1). SAH MEDIA.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

PlumX Metrics

Published

2024-02-05