IMPLEMENTASI PERKAP NOMOR 11 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PEMBERIAN CUTI DAN IZIN DI LINGKUNGAN POLRI

Authors

  • Alfian Septianto PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS KADIRI KEDIRI
  • Imam Fachruddin PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS KADIRI KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v1i1.5258

Keywords:

Cuti, Implementasi, Izin, POLRI

Abstract

Tujuan penelitian: mendeskripsikan tentang implementasi peraturan pemberian cuti dan izin di Lingkungan Satuan Brimob Polda NTB berdasarkan Perkap Nomor 11 Tahun 2015 dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi peraturan pemberian cuti dan izin di Lingkungan Satuan Brimob Polda NTB. Metode penelitian yang dipergunakan mempunyai sifat format kualitatif verikatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara kepada beberapa informan yaitu Kasubbagrenmin, Pasimin Gegana, Pamin Kompi 1, Bamin Subbagdalops, Banit Subden 1, Banum Subsibekum dan Anggota Kompi 1 Satbrimob Polda NTB. Analisis Data menggunakan model interaktif empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian: menemukan Implementasi Peraturan Pemberian cuti dan izin bagi pegawai di Satuan Brimob Polda NTB sudah dilaksanakan sesuai dengan Perkap No. 11/2015, adanya hal tersebut pihak Satbrimob sebagai pemberi cuti dan izin berkewajiban untuk mengimplementasikan Perkap tersebut dengan baik terhadap pemberian cuti dan izin bagi anggota sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Secara implementasi sudah berjalan baik, namun ternyata masih kurang efektif dan efisien seperti dalam hal sumber daya dan disposisi.

References

Haiti, Badrodin, 2015, Peraturan Kapolri Nomor 11 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemberian Cuti dan Izin di Lingkungan Kepolisian Republik Indonesia, Jakarta.

Ibrahim, Johny. 2006. Teori dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Banyumedia, Jawa Timur.

Erizolina, Megi. 2013. Implementasi Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Polri Pada Polisi Sektor Senapelan. Pekanbaru.

Yulianto, Irwan. 2022. Penerapan Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Penyelesaian Pelanggaran Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia Terhadap Anggota Kepolisian Yang Melakukan Kekerasan Kepada Masyarakat. Vol. 19 No. 2 Hal. 175-198.

Nurani, Dwi. 2009. Analisis Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Jakarta Selatan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Pancari, Maya Devianti Dyah. 2019. Implementasi Peraturan Bupati Nganjuk Nomor 41 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Nganjuk di UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri.

Aziz, Muhammad Imam Abdul. 2019. Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Sehat di Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya.

Iriady, Noor. 2013. Strategi Penegakan Disiplin Anggota Polri di Polres Hulu Sungai Selatan (HSS). Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, Vol. 2 Edisi 1.

A.F Stoner, James, dan Edward Freman (eds), Manajemen Jilid I, terj. Alexander Sindoro, Jakarta: PT Prahallindo, 2010.

Risuldi, Ujang. 2021. Pelaksanaan Peraturan Kapolri Nomor 22 Tahun 2010 Terhadap Fungsi dan Peran Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Analisis di Polsek Ratu Samban Kota Bengkulu).

Ringo, Suryani Seringo. 2020. Implementasi Peraturan Kapolri No. 14 Tahun 2011 Tentang Kode Etik Profesi Polri di Polresta Deli Serdang.

PlumX Metrics

Published

2024-02-05