IMPLEMENTASI KEPMENDIKBUDRISTEK NOMOR 56/M/2022 TENTANG PEDOMAN PENERAPAN KURIKULUM DI SMK PGRI 1 NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.30737/interaksi.v1i4.6007Keywords:
Implementasi, Kurikulum merdeka, Pemulihan PembelajaranAbstract
Penelitian ini membahas implementasi Kurikulum Merdeka di SMK PGRI 1 Nganjuk sesuai dengan Kepmendikbudristek No. 56/M/2022, yang berfokus pada pemulihan belajar pasca-pandemi. Kurikulum ini memberi fleksibilitas bagi sekolah, guru, dan siswa untuk berinovasi dan belajar secara mandiri. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan model interaktif Miles dan Hubermans, penelitian ini mengevaluasi aspek komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil menunjukkan implementasi Kurikulum Merdeka berjalan cukup baik di SMK PGRI 1 Nganjuk, dengan komunikasi efektif dan sumber daya yang memadai, meskipun ada keterbatasan informasi. Sinergi antara guru dan tenaga kependidikan menjadi faktor pendukung utama, sedangkan hambatan meliputi keterbatasan teknologi digital, kurangnya mitra industri, dan minimnya keterlibatan sebagian guru dalam mengaplikasikan kurikulum baru ini.
References
Amalia, I. D. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 1 NGANJUK. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Anwar, Sukino, & Erwin. (2022). KOMPARASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DAN K-13DI SMA ABDUSSALAM. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(1). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Kasus, S., Sman, P., Kabupaten Banjar, P., Fauzi, A., Keguruan, F., Pendidikan, D. I., Achmad, U., & Banjarmasin, Y. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK. In Jurnal Pahlawan | (Vol. 18, Issue 2). Oktober Thn. https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 02(05). https://lipi.go.id/id/
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
NELI, H. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATA PELAJARAN KE-NU-AN KELAS XI DI SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMAS. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.
Sherly, Dharma, E., & Betty Sihombing. (2020). MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR. Konferensi Nasional Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin , 183–190.
Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, 6.
Vidieyanti, N., Rini, R., & Syafrudin, U. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Pasca Covid-19 dengan Pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Satya-Sastraharing, 6(2). https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v6i2.926
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.