Pengaruh Aksesibilitas, Inovasi Dan Kualitas Pelayanan Transportasi Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Trans Banjarbakula(Studi Kasus Penumpang Terminal Gambut Barakat Tipe A)
DOI:
https://doi.org/10.30737/jimek.v8i1.6457Keywords:
Aksesibilitas, Inovasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PenumpangAbstract
Banjarbakula merupakan kawasan strategis di Kalimantan Selatan yang mencakup lima wilayah administratif, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut. Pemerintah daerah bersama pemerintah pusat mencanangkan pembentukan kawasan metropolitan Banjarbakula sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, mempercepat pemerataan pembangunan, serta mengatasi ketimpangan antarwilayah. Salah satunya dengan menyediakan transportasi umum yang sering disebut Bus Trans Banjarbakula.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai aspek yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan layanan Trans Banjarbakula, khususnya dengan melihat, pengaruh aksesibilitas, inovasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang. Penelitian ini melibatkan penumpang Bus Trans Banjarbakula yang Transit di Terminal Gambut Tipe A dengan menggunakkan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden penumpang bus trans banjarbajula, dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling. Data akan diambil dan diolah menggunakan SPPS 26.
References
Armstrong, P. K. (2014). Principles of Marketing Edisi : 15. Inggris: Pearson Education.
Dr. Ratih Hurriyati, M. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Fandy Tjiptono, A. D. (2019). Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta: 2019.
Fandy Tjiptono, G. C. (2019). Service, Quality & Satisfaction (Edisi terbaru: Edisi 5). Yogyakarta: Andi.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Keller, P. K. (2012). Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT. INDEKS.
Kuncoro, M. H. (2022, Juni 10). Buy The Service (BTS), Upaya Menggalakkan Angkutan Massal Perkotaan. Dishub Aceh.
Lupiyoadi. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Philip Kotler, K. L. (2009). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Rambat Lupiyoadi, A. H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa -2/E. Jakarta: Salemba Empat.
Salim, A. (2000). Manajemen Transportasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statiska untuk penelitian. Bandung: Alfabete.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.
Tarsidi, D. (2008). Aksisibilitas lingkungan fisik bagi penyandang cacat. Unpad, Bandung.
Wawan Dhewanto, H. D. (2014). Manajemen Inovasi : Peluang sukses mengadapi perubahan. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dilla Amarini, Dilla Amarini, Melania, Rifqi Amrulloh, Fredy Jayen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68







