Analisis Perancangan Produk Bermerek Senapan Angin Di PT. X

Authors

  • Revi Oktama Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.
  • Ana Komari Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.
  • Imam Safi'i Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmatis.v3i1.1407

Keywords:

Air Rifle, Variable Branding

Abstract

In this industrial era 4.0, the game of air rifles is used as a sport and not only for the military. In this case, air rifles can be owned by the general public with standardized rules and are not allowed to be violated. This study aims to analyze the strength of the products of PT. X in the wider community, increasing public interest in the field of shooting, analyzing visual work in branding that will be done by trying out photography. Qualitative and quantitative methods of this study were carried out. Qualitative techniques are used to extract information using interviews and observations. Whereas in quantitative, the statistical test is measured to measure the independent variables against the connected variables. The test is a linear regression test and classical assumption test. The results of this study are qualitative efforts to create a strong, profitable brand, evaluation in product marketing. In particular, brand image affects brand visualization and brand recognition affects brand visualization. In this case, the brand visualization variable is prioritized as a step for stopping future strategies.

Era industri 4.0  ini, permainan senapan angin dijadikan sebagai olahraga dan tidak hanya untuk kalangan militer. Dalam hal ini, senapan angin dapat dimiliki oleh masyarakat umum dengan aturan yang sudah standar dan tidak dperbolehkan untuk dilanggar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis kekuatan branding product  PT. X pada masyarakat luas, meningkatkan  minat masyarakat di bidang olahraga menembak, menganalisis pengerjaan visual dalam branding yang akan di lakukan dengan fotografi. Dilakukan metode penelitian secara kualitatif dan secara kuantitatif untuk mengetahui kesimpulan dari penelitian ini. Dalam teknik kualitatif dilakukan penggalian informasi menggunakan wawancara dan observasi. Sedangkan dalam teknik kuantitatif, dilakukan uji statistik untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji tersebut adalah rangkaian uji regresi linier dan uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini adalah secara kualitatif adanya usaha untuk menciptakan merk yang kuat, menguntungkan, evaluasi dalam pemasaran produk. Secara kuantitatif dalam brand image berpengaruh terhadap brand visualization dan brand recognition berpengaruh terhadap brand visualization. Dalam hal ini, diutamakan pada variabel brand visualization sebagai langkah penentian strategi dimasa mendatang.

 

References

A. Setiawan, Sumardi, and I. Setiawan, “Perancangan Lengan Robot Pneumatik Pemindah Plat Programmablel Logic Controller,†Univ. Diponegoro, 2004.

R. Permata, “Penyalahgunaan Perizinan Senjata Api Airsoft Gun Ditinjau Dari Peraturan Kapolri No 8 Tahun 2012,†J. POENALE, 2014.

W. Sanjaya, I. K. Rahyuda, and I. M. Wardana, “Pengaruh Kualitas Produk dan Reputasi Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Mie Instan Merek Indomie di Kota Denpasar,†E-Jurnal Ekon. dan Bisnis Univ. Udayana, 2016.

A. Chaudhuri and M. B. Holbrook, “The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance: The role of brand loyalty,†J. Mark., 2001, doi: 10.1509/jmkg.65.2.81.18255.

A. M. Muniz and T. C. O’Guinn, “Brand community,†J. Consum. Res., 2001, doi: 10.1086/319618.

J. Nam, Y. Ekinci, and G. Whyatt, “Brand equity, brand loyalty and consumer satisfaction,†Ann. Tour. Res., 2011, doi: 10.1016/j.annals.2011.01.015.

S. Situmorang, “Destination Brand: Membangun Keunggulan Bersaing Daerah,†Wahana Hijau J. Perenc. Pengemb. Wil., 2008.

A. Oscario, “Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand,†Humaniora, 2013, doi: 10.21512/humaniora.v4i1.3429.

Roslina, “Citra Merek: Dimensi, Proses Pengembangan Serta Pengukurannya,†J. Bisnis dan Manaj., 2010.

Susanto and H. Wijanarko, “Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya,†in Strategi Mengembangkan Identitas Merek, 2004.

B. Grohmann, “Gender dimensions of brand personality,†J. Mark. Res., 2009, doi: 10.1509/jmkr.46.1.105.

L. Malär, H. Krohmer, W. D. Hoyer, and B. Nyffenegger, “Emotional brand attachment and brand personality: The relative importance of the actual and the ideal self,†J. Mark., 2011, doi: 10.1509/jmkg.75.4.35.

P. Foroudi, Z. Jin, S. Gupta, M. M. Foroudi, and P. J. Kitchen, “Perceptional components of brand equity: Configuring the Symmetrical and Asymmetrical Paths to brand loyalty and brand purchase intention,†J. Bus. Res., 2018, doi: 10.1016/j.jbusres.2018.01.031.

D. Sahoo and P. H. Vyas, “EMAMI: Identification of Brand Extention Opportunities in Fairness Cream Industry,†Vis. J. Bus. Perspect., 2007, doi: 10.1177/097226290701100307.

B. Swastha and T. H. Handoko, “Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen,†BPFE, Yogyakarta, 2000.

F. Tjiptono and F. Tjiptono, “Service management: mewujudkan layanan prima / Fandy Tjiptono,†,Service Manag. mewujudkan layanan prima / Fandy Tjiptono, 2012, doi: 10.1519/JPT.0b013e31826e7d33.

L. Trianah, D. Pranitasari, and S. Zahrani Marichs, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan,†J. STEI Ekon., 2017, doi: 10.36406/jemi.v26i01.201.

E. Suryonaningsih, “Effect of Price and Image Brand on Consumer Satisfaction,†J. Manage., vol. 2, no. 2, 2016.

D. Kartikasari, “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian,†J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, 2013.

R. Rahmadhano, “Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Peter Says Denim Di Kota Bandung,†J. Ilmu Adm. Bisnis Fak. Komun. dan Bisnis Univ. Telkom, Bandung, 2014.

D. Agusli and S. Kunto, “Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya,†J. Manaj. Pemasar. Petra, 2013.

B. Snoj, A. Pisnik Korda, and D. Mumel, “The relationships among perceived quality, perceived risk and perceived product value,†J. Prod. Brand Manag., 2004, doi: 10.1108/10610420410538050.

E. Martínez and L. De Chernatony, “The effect of brand extension strategies upon brand image,†J. Consum. Mark., 2004, doi: 10.1108/07363760410513950.

B. Simamora, “MODELING GOAL-DIRECTED CHOICE QUALITY: A UNIVERSITY CONTEXT,†Int. Rev. Manag. Mark., 2020, doi: 10.32479/irmm.10088.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods),†Bandung Alf., 2010, doi: 10.1016/S0969-4765(04)00066-9.

N. Alfianika, Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. 2018.

B. Sudarsono, “MEMAHAMI DOKUMENTASI,†Acarya Pustaka, 2017, doi: 10.23887/ap.v3i1.12735.

W. Grassl, “Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity,†Journal of Consumer Marketing. 2000, doi: 10.1108/jcm.2000.17.3.263.3.

R. Batra, A. Ahuvia, and R. P. Bagozzi, “Brand love,†J. Mark., 2012, doi: 10.1509/jm.09.0339.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-01-06

How to Cite

[1]
R. Oktama, A. Komari, and I. Safi’i, “Analisis Perancangan Produk Bermerek Senapan Angin Di PT. X”, JURMATIS, vol. 3, no. 1, pp. 52–62, Jan. 2021.

Issue

Section

Articles