PENGEMBANGAN MODEL SERVICE QUALITY PADA INDUSTRI JASA OTOMOTIF DI ”EIFISIENSI TOUR AND TRAVEL” TULUNGAGUNG

Authors

  • Tali Roso Susilo Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.
  • Sri Rahayuningsih Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.
  • Heribertus Budi Santoso Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmatis.v1i2.442

Keywords:

Automotive Service, customer satisfaction, Service Quality

Abstract

In this study, an analysis of the development of a quality service model for land transportation service providers, namely Eiffficiency Tour and Travel, is located in Wajak Kidul, Boyolangu District, Tulungagung Regency. In reality, there are still many matters related to service quality ignored by Tour and Travel Efficiency in the field. This is evidenced by the events that occur in the reasonably extensive list of customer complaints. This study refers to the survey method carried out by collecting information from samples obtained from a place to generalize the extent to which the population from which the sample was taken. In this final project research, the authors researched transportation service providers. "Efficiency Tour and Travel" in the village of Wajak Kidul Tulungagung refers to the development of a quality service model. The research process used interviews, documentation, and questionnaires, with a total of 35 respondents. This research is more effective with the calculation of t count> t table: then Ho is rejected, meaning that there is a significant influence between variable X and variable Y. results in 4,927. 2.021: then, Ho is rejected, meaning that there is a substantial influence between CV services. Efficiency Jaya customer satisfaction as a form of model use


Dalam penelitian ini dilakukan analisis pengembangan model service kualiti pada penyedia jasa transportasi darat yaitu Eifisiensi Tour and Travel yang berkedudukan di desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Dalam kenyataannya di lapangan masih banyak hal-hal yang berkaitan dengan kualitas pelayanan diabaikan oleh Eifisiensi Tour and Travel. Hal tersebut terbukti dengan peristiwa yang terjadi pada daftar keluhan pelanggang yang cukup banyak. Dalam penelitian ini mengacu pada metode survei dilakukan dengan cara menghimpun informasi dari sampel yang diperoleh dari suatu tempat dengan tujuan untuk melakukan generalisasi sejauh populasi darimana sampel tersebut diambil. Dalam penelitian tugas akhir ini, penulis melakukan penelitian di perusahaan penyedia jasa transportasi.â€Eifisiensi Tour and Travel†desa Wajak Kidul Tulungagung mengacu pada pengembangan model servis quality. Proses penelitian menggunakan wawancara, dokumentasi dan kuesioner, dengan jumlah 35 responden. Penelitian ini lebih efektif dengan hasil dari perhitungan t hitung > t table: maka Ho di tolak, artinya berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. hasil 4.927. 2.021: maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan CV. Eifisiensi Jaya kepuasan pelanggan sebagai bentuk penggunaan model Service Quality

References

Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen (pertama). Graha Ilmu.

Buchari, A. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta.

Dharmesta, B., & Handoko, T. (2008). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFE.

Handayani, N., Singgih, M. L., & Suef, M. (2011). Pengembangan Model Intqual Untuk Peningkatan Internal Service Quality Di Pendidikan Tinggi. (In: Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIII.).

Hatane Semuel, & Nadya Wijaya. (2009). Service Quality, Perceive Value, Satisfaction, Trust, Dan Loyalty Pada PT. Kereta Api Indonesia Menurut Penilaian Pelanggan Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(1), 23–37. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18083

Herdiansyah, D., & Fahrizal, M. (2018). Pengembangan model kualitas layanan transportasi online di Indonesia. 6, 142–152.

Huda, M., Santoso, H., & Rahayuningsih, S. (2017). Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Kano Di Perpustakaan Universitas Kadiri. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 30. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i1.67

Kotler, P, & Keller, K. (2016). Marketing Management, Person Education, Inc.

Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (8th ed.). Penerbit Erlangga.

Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Salemba Empat.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran; Teori dan aplikasi pemasaran era tradisional sampai era modernisasi global.

Prihono, P., & Nurcahyanie, Y. D. (2017). Pengembangan Model Qfd Berbasis Fuzzy Kano Untuk Jasa Layanan Transportasi Bagi Disabilitas. Waktu, 15, 21–29. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/waktu/article/view/429

RAKHMAN, Z. A. (2018). PENGEMBANGAN MODEL KUALITAS JASA TRANSPORTASI UMUM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ( QFD ) ( Studi pada BRT Trans Semarang Koridor II ).

Ridhotullah, S., & Juhar, M. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sembiring, I. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1), 84504.

Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global. Prenada Media.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa (pertama). Bayu Media Publishing.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa (Pertama). ANDI.

Usmara. (2003). Strategi Baru Manajemen Pemasara. Amoro Book.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-09-04

How to Cite

[1]
T. R. Susilo, S. Rahayuningsih, and H. B. Santoso, “PENGEMBANGAN MODEL SERVICE QUALITY PADA INDUSTRI JASA OTOMOTIF DI ”EIFISIENSI TOUR AND TRAVEL” TULUNGAGUNG”, JURMATIS, vol. 1, no. 2, pp. 111–120, Sep. 2019.

Issue

Section

Articles