Implementasi Data Mining Dengan Metode K – Means Clustering Guna Menentukan Strategi Pemasaran Produk Konveksi
DOI:
https://doi.org/10.30737/jurmatis.v7i1.6302Keywords:
Industrial Engineering, Mengeksplorasi peluang pasar, strategi kewirausahaan, potensi pertumbuhanAbstract
Konveksi merupakan industry yang bergerak dalam produksi pakaian. Kemajuan industry ini semakin berkembang yang ditandai dengan semakin banyaknya pelaku usaha yang ada. Hal tersebut menimbulkan persaingan yang semakin ketat termasuk Zaya Konveksi. Penjualan produk Zaya Konveksi mengalami penurunan yang menyebabkan hasil pendapatan yang diperoleh terus menurun. Dengan seiring berkembangnya teknologi, pembelian produk dapat dilakukan melalui e – commerence. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat untuk menghadapi permasalahan pada Zaya Konveksi. Akan tetapi, dalam penerapannya membutuhkan analisa secara rinci mengenai karakteristik konsumen dan segmentasi pasar yang ada. Maka dari itu, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah K-Means Clustering. Metode ini digunakan untuk mengelompokkan konsumen yang memiliki karakteristik sama menjadi beberapa kluster. Berdasarkan hasil perhitungan, pemasangan iklan akan dilakukan pada platform yaitu, Instagram ads. Dengan target sasaran konsumen untuk cluster_0 adalah rentang usia 22 – 27 dengan jenis kelamin wanita yang berlokasi di Kabupaten Gresik dan produk yang akan dipasang dalam iklan adalah t – shirt dengan warna hitam. Untuk Cluster_1 rentang usia yang digunakan adalah 16 – 21 tahun dengan jenis kelamin wanita yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo dan produknya adalah hoodie dengan warna kuning. Untuk cluster_2 rentang usia yang digunakan adalah 16 – 21 tahun dengan jenis kelamin wanita yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo, dan produk yang akan digunakan dalam pemasangan iklan adalah hoodie dan raglan dengan warna biru.
Kata kunci: Clustering ; K – Means ; Konveksi ; Promosi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Safina Dinara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) The copyright of published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscript. Therefore, the author needs to confirm that the copyright has been managed by the publisher with the Publication Right Form which must be attached when submitting the article.
(2) Publisher of JURMATIS is Kadiri University.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution“ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.












