Implementasi Data Mining Dengan Metode K – Means Clustering Guna Menentukan Strategi Pemasaran Produk Konveksi

Authors

  • Safina Dinara Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmatis.v7i1.6302

Keywords:

Industrial Engineering, Mengeksplorasi peluang pasar, strategi kewirausahaan, potensi pertumbuhan

Abstract

Konveksi merupakan industry yang bergerak dalam produksi pakaian. Kemajuan industry ini semakin berkembang yang ditandai dengan semakin banyaknya pelaku usaha yang ada. Hal tersebut menimbulkan persaingan yang semakin ketat termasuk Zaya Konveksi. Penjualan produk Zaya Konveksi mengalami penurunan yang menyebabkan hasil pendapatan yang diperoleh terus menurun. Dengan seiring berkembangnya teknologi, pembelian produk dapat dilakukan melalui e – commerence. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat untuk menghadapi permasalahan pada Zaya Konveksi. Akan tetapi, dalam penerapannya membutuhkan analisa secara rinci mengenai karakteristik konsumen dan segmentasi pasar yang ada. Maka dari itu, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah K-Means Clustering. Metode ini digunakan untuk mengelompokkan konsumen yang memiliki karakteristik sama menjadi beberapa kluster. Berdasarkan hasil perhitungan, pemasangan iklan akan dilakukan  pada platform yaitu, Instagram ads. Dengan target sasaran konsumen untuk cluster_0 adalah rentang usia 22 – 27 dengan jenis kelamin wanita yang berlokasi di Kabupaten Gresik dan produk yang akan dipasang dalam iklan adalah t – shirt dengan warna hitam. Untuk Cluster_1 rentang usia yang digunakan adalah 16 – 21 tahun dengan jenis kelamin wanita yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo dan produknya adalah hoodie dengan warna kuning. Untuk cluster_2 rentang usia yang digunakan adalah 16 – 21 tahun dengan jenis kelamin wanita yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo, dan produk yang akan digunakan dalam pemasangan iklan adalah hoodie dan raglan dengan warna biru.

Kata kunci: Clustering ; K – Means ; Konveksi ; Promosi

Downloads

Published

2025-01-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Implementasi Data Mining Dengan Metode K – Means Clustering Guna Menentukan Strategi Pemasaran Produk Konveksi”, JURMATIS, vol. 7, no. 1, pp. 15–30, Jan. 2025, doi: 10.30737/jurmatis.v7i1.6302.

Similar Articles

11-20 of 44

You may also start an advanced similarity search for this article.