Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Eko Nugroho Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.
  • Heribertus Budi Santoso Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.
  • Imam Safi'i Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmatis.v2i2.953

Keywords:

Multiple Linear Regression Methods, Product quality

Abstract

Indonesia's current economic development is not only approved by the manufacturing industry but also supported by the growth of the service sector. Business in the field shows very significant growth. The population in this study were MCD consumers in Kediri. the research sample of 96 consumers. The technique of collecting data uses an approved questionnaire using a validity test and a reliability test. The analysis technique used is multiple linear regression analysis techniques, this analysis is to determine the direction of the relationship between the independent variable with the dependent variable each independent variable is positively or negatively related and to predict the value of the dependent variable. The results showed the quality of products in McD Kediri which contained stress, presentation, wellcooked and various foods. From the research variables, the variables were more dominant than the presentation variable, well cooked and various foods. From the calculation of the t test 0.00 is smaller than 0.05 which means that there are significant differences

 

Perkembangan perekonomian indonesia saat ini tidak hanya didominasi oleh industri manufaktur saja namun didorong juga dengan pertumbuhan sektor jasa. Usaha bisnis pada bidang jasa menunjukan pertumbuhan yang sangat siknifikan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen MCD kota kediri. sampel penelitian sebanyak 96 konsumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda, analisis ini untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah masing-masing variabel independen berhubungan positif atau negatif dan untuk memprediksi nilai dari variabel dependen apabila nilai variabel independen mengalami kenaikan atau penurunan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk pada Mcd kota kediri yang meliputi fhresness, presentation, wellcooked dan variety of food. Dari hasil penelitian bahwa variabel fhresness yang lebih dominan besar pengaruhnya dibandingkan variabel presentation, wellcooked dan variety of food. Dari perhitungan uji t 0,00 lebih kecil dari 0,05 yang di artikan bahwa ada pengaruh yang signifikan

 

References

Abugabah, A. (2010). Conceptualizing information systems model : an experience from ERP system environment. International. International Journal for Infornomics (IJI), 3 (4).

Anggraeni, D. P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Fakultas Ilmu Admministrasi, 37(1).

Baby Silvia Putri, L. K. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–12. Retrieved from http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/24/20

Brandt. (2000). An “Outside-In†Approach to Determining Customer-DrivenPriorities for Improvement and Innovation. Manajemen Bisnis, 4.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan.

DocPlayer. (2015). Delapan Dimesi Kualitas Produk. Retrieved July 5, 2019, from DocpLayer website: https://docplayer.info/36058205-Menurut-garvin-dalam-tjiptono-mengungkapkan-ada-delapan-dimensi-kualitas-produk-yaitu-a-kinerja-performance.html

Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. In Statistics.

Komari, A. (2016). Strategi Pemasaran Produk Indosat M3 di Kota Kediri Berdasarkan Analisis SWOT. 3(2).

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Retrieved from https://mizanstore.com/penerbit/198_ERLANGGA

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles Of Marketing (15th ed.). Boston: Pearson UK, 2019.

Ladjamudin, A. bin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. In Sistem Informasi Manajemen (Jilid 2). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Prayitno. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. In Uji Validitas dan Reliabilitas. https://doi.org/10.1016/j.tre.2014.10.001

Ridho, A. D. (2012). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akademik Terhadap Kualitas Layanan Akademik Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 2.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal Stie Semarang.

Safi’i, I., Sutriyono, & Handoko, F. (2015). Kualitas Pelayanan di Tinjau Dari Prestasi Akademik Mahasiswa Studi Kasus Pada Universitas Kadiri. Teknologi Dan Manajemen Industri, Vol. 1 No.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/S0969-4765(04)00066-9

Sugiyono, P. D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. , Alfabeta, cv. (2016).

Suh, Y., Woo, C., Koh, J., & Jeon, J. (2019). Analysing the satisfaction of university–industry cooperation efforts based on the Kano model: A Korean case. Technological Forecasting and Social Change, 148, 119740. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techfore.2019.119740

Tahta, E. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Di Baskin Robbins Ice Creammal Ciputra Semarang. Universitas Diponegoro.

Tjiptono, F., & Tjiptono, F. (2012). Service management: mewujudkan layanan prima / Fandy Tjiptono. ,Service Management: Mewujudkan Layanan Prima / Fandy Tjiptono. https://doi.org/10.1519/JPT.0b013e31826e7d33

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-08-31

How to Cite

[1]
E. Nugroho, H. B. Santoso, and I. Safi’i, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan”, JURMATIS, vol. 2, no. 2, pp. 106–117, Aug. 2020.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2