TRANSFORMASI GAYA HIDUP DAN PERILAKU DALAM KEHIDUPAN TENAGA KERJA INDONESIA MENYONGSONG ERA MILENIAL

Authors

  • Andri Wahyudi Universitas Tulungagung
  • Visca Nur Lailatul Mentari Universitas Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i1.4403

Keywords:

Transformasi, Gaya Hidup, Perilaku, Tenaga Kerja Indonesia

Abstract

Adanya perubahan ekonomi membuat gaya hidup maupun perilaku seseorang di lingkungan masyarakat mengalami perubahan, misalnya seseorang menjadi lebih individualistik, acuh tak acuh, kemudian perilakunya menjadi lebih konsumtif. Hal tersebut diatas menjadikan penarik peneliti untuk mengetahui secara lebih mendalam dengan melakukan penelitian di salah satu desa dalam Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung yang berkaitan dengan gaya hidup serta perilaku konsumtif para Ternaga Kerja Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskreptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskrepsikan dan mengintepretasikan perubahan style/kultur dan perilaku konsumtif TKI di Desa Jatidowo, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, kemudian sekaligus mengetahui, mendeskrepsikan dan mengintepretasikan faktor-faktor yang berimplikasi dengan perubahan gaya hidup dan perilaku konsumtif TKI di Desa Jatidowo. Transformasi style/kultur dan perilaku para TKI dan keluarganya di Desa Jatidowo, Rejotangan, Tulungagung dan ada kecenderungan berperilaku atau berpola kehidupan konsumtif. Para TKI dan keluarganya tidak menerapkan prinsip ekonomi yakni pola hidup sederhana, suka berbuat baik, berpedoman pada norma dan nilai-nilai serta etika yang ada (nilai nilai kederhanaan) untuk memenuhi kebutuhan hidup dan konsumsi bermasyarakat. Perubahan style/kultur dan perilaku konsumtif TKI dipengaruhi sekali adanya faktor pendukung yakni: masalah ekonomi & pengalaman, kepribadian seorang TKI, motivasi menjadi TKI Sedangkan faktor penghambatnya adalah: Keluarga & usia, Kelas sosial/budaya, Kepekaan sosial.

References

Arif, M. N. (2010). Teori Makro Ekonomi Islam. Bandung: Alfabeta.

Djuwitaningsih, E. W. (2018). Perubahan Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Tenaga Kerja Wanita (TKW) Purna. ARISTO, 7(1), 1–21.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Indra, H. (2018). Pendidikan Pesantren dan Perkembangan Sosial-Kemasyarakatan (Studi Atas Pemikiran KH Abdullah Syafi’ie). Deepublish.

Masykuroh, E. (2018). Teori Ekonomi Mikro Islami. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Newcomb, T. M., Turner, R. H., & Converse, P. E. (2015). Social psychology: The study of human interaction. Psychology Press.

Notoatmodjo, S. (2015). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (Cetakan V). Jakarta: Rineka Cipta.

Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Saparwati, M. (2012). Studi fenomenologi: Pengalaman kepala ruang dalam mengelola Ruang Rawat di RSUD Ambarawa. Universitas Indonesia, Depok.

Slavin, R. E. (2011). Instruction based on cooperative learning. Handbook of Research on Learning and Instruction, 358–374.

Spradley, M. V. (2010). Achieving social justice in the music classroom. Connections, 25(1), 4.

Sri Yuniarti, V. (2016). Ekonomi Mikro syariah. cet 1. Bandung.

Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.

Suyanto, B. (2014). Sosiologi ekonomi: Kapitalisme dan konsumsi di era masyarakat post-modernisme. Prenada Media.

Syahputra, H. W. (2021). PROSES INTEGRASI DAN IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI PROVINSI RIAU. Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU), 2(1), 6–13.

PlumX Metrics

Published

12-04-2023

How to Cite

Wahyudi, A., & Mentari, V. N. L. (2023). TRANSFORMASI GAYA HIDUP DAN PERILAKU DALAM KEHIDUPAN TENAGA KERJA INDONESIA MENYONGSONG ERA MILENIAL. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 7(1), 89–104. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i1.4403

Issue

Section

Articles