Evaluasi Governansi Digital pada Layanan Perpanjangan SIM melalui Aplikasi SINAR

Authors

  • Shinta Happy Yustiari Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Jenny Rahelia Rorrong Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v9i2.6516

Keywords:

Pelayanan Publik, Governansi Digital, Pelayanan SIM, Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada aplikasi SINAR dalam perspektif governansi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Temuan dari penelitian ini mendorong pemanfaatan aplikasi ”Digital Korlantas” sebagai alat yang mudah, cepat, efisien serta ekonomis untuk mengakses layanan perpanjangan SIM namun tidak harus mengunjungi kantor pelayanan. Hasil dalam penelitian ini dapat berkontribusi dalam pengembangan serta peningkatan kemajuan ilmu pengetahuan, dan dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dalam mengembangkan inovasi pada persepektif governansi digital dalam aplikasi mobile.

References

Abah, E. O., & Nwokwu, P. M. (2019). Problems and Prospects of E-Governance in an Emerging State. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 24(9), 14–21.

Almeida, V., Filgueiras, F., & Gaetani, F. (2020). Digital Governance and the Tragedy of the Commons. IEEE Internet Computing, 24(4), 41–46.

Amane, A. P. O., dkk. (2023). Digitalisasi Governance. Ayrada Mandiri.

Applegate, Lynda. M., Soule, Deborah. L., & Austin, Robert. D. (2009). Corporate Information Strategy and Management (8th ed.). McGraw-Hill Irwin.

Arundel, A., Bloch, C., & Ferguson, B. (2019). Advancing innovation in the public sector: Aligning innovation measurement with policy goals. Research Policy, 48(3), 789–798.

Bao, J., Fan, Z. T., & Jia, K. (2020). Exploring the Characteristics of Digital Governance: Definitions and Framework. E-Government, 11, 2–13.

Batoebara, M. U. (2021). Inovasi dan Kolaborasi dalam Era Komunikasi Digital. Jurnal Publik Reform Universitas Dharmawangsa, 8(1), 29–38.

Chumairoh, M. S., Budiman, & Satyareni, D. H. (2014). Perancang Bangun Aplikasi Mobile Pada Platform Android Berbasis HTML5 Studi Kasus Layanan Informasi Website UNIPDU Jombang. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1).

Dias, R. C., & Gomes, M. A. S. (2021). From Electronic Government to Digital Governance: Transformation Governance Models and Strategies. Public Sciences & Policies, 7(1), 119–143.

Esposito, G., Terlizzi, A., Guarino, M., & Crutzen, N. (2024). Interpreting digital governance at the municipal level: Evidence from smart city projects in Belgium. International Review of Administrative Sciences, 90(2), 301–317.

Fietkiewicz, K. J., Mainka, A., & Stock, W. G. (2017). E-Government in cities of the knowledge society. An empirical investigation of Smart Cities’ governmental websites. Government Information Quarterly. Government Information Quarterly, 34(1), 75–83.

Firdausi, F. A., & Ramadhani, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Online Public Access Catalog (Opac) Perpustakaan Berbasis Mobile Pada STAI Auliaurrasyidin. Jurnal Intra Tech, 4(2), 11–25.

Fitri, A., Pratidini, G., & Aprilianti, A. (2024). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Online. Karimah Tauhid, 3(9), 10501–10517.

Grigalashvili, V. (2023). Digital Government and Digital Governance: Grand Concept. International Journal of Scientific and Management Research, 6(2), 1–25.

Hansiden, P. E. (2023). Governansi Digital: Paradigma Baru Administrasi Publik. CV. Eureka Media Aksara.

Hiller, J. S., & Belanger, F. (2001). Privacy Strategies for Electronic Government. E-Government, 162–198.

Karim, A., dkk. (2020). Pengantar Teknologi Informasi. Berbagi Gemilang.

Karno, & Rochmansjah, H. (2022). Governansi Digital Perspektif Kesejahteraan Sosial. Elfatih Media Insani.

Marlina, E., Rahmayanti, S., & Futri, A. D. R. A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi, Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Pengelola Dana Desa di Kecamatan Rakit Kulim. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 11(1), 89–100.

Morakanyane, R., Grace, A. A., & O’reilly, P. (2017). Conceptualizing Digital Transformation in Business Organizations: A Systematic Review of Literature. AIS Electronic Library, 428–444.

Mseer, I., Samhan, A.A.A. (2025) E. Governance., and the Future of Public Administration, Studies in systems, Decision and Control.

Mukhsin. (2020). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa dalam Publikasi Informasi Desa di Era Globalisasi. Teknokom, 3(1), 7–15.

Mustikasari, I., & Reviandani, O. (2024). Transformasi Layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) melalui Inovasi Aplikasi Digital Korlantas Polri di SATPAS Colombo Surabaya. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6.

Naibaho, R. S. (2017). Peranan dan Perencanaan Teknologi Informasi dalam Perusahaan. Jurnal Warta Edisi 52.

NAZ, R. (2009). E-Governance for Improved Public Service Delivery in Fiji. Journal of Service Science and Management, 3, 190–203.

OECD. (2016). Public-sector innovation.

Pratama, A. B. (2019). The landscape of public service innovation in Indonesia: A comprehensive analysis of its characteristic and tren. Innovation & Management Review, 17(1), 25–40.

Primawanti, E. P., & Ali, H. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Sistem Informasi Berbasis Web Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Executive Support Sistem (Ess) For Business). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 267–285.

Randini, H. P., & Muslim, M. A. (2024). Public Service Innovation: Drawing Inspiration from The Success of Developed Countries to Improve Public Services in Indonesia. Journal Research of Social Science, Economics, and Management, 3(8), 1682–1696.

Roy, S., Daniel, C., & Agrawal, M. (2023). Fundamental of Information Technology (Vol. 19).

Satori, D., & Komariah, A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Teknik-Teknik Teoritis Data. Pustaka Pelajar.

Setyawati, D., & Fitriati, R. (2023). DIGITAL GOVERNANCE DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. Jurnal Kebijakan Publik, 14(1), 48–55.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.

Sulistiyo, R. D., & Shihab, M. R. (2023). Transformasi Digital dalam Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM): Studi Kasus Korlantas Polri. Technomedia Journal, 8(2SP).

Vaia, G., Arkhipova, D., & DeLone W. (2022). Digital governance mechanisms and principles that enable agile responsses in dynamic competitive environments. European Journal of Information Systems, 31(6), 662–680.

Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104–115.

Widharto, P., A. I., Pandesenda, A. N., Yahya, E. A., Sukma, M. R., Shihab, B., & Ranti. (2020). Digital Transformation of Indonesia Banking Institution: Case Study of PT. BRI Syariah. Information Technology Systems and Innovation, 44–50.

Wulan, S. K., Erika, Ma’rifah, N., Farhani, & Novandra, T. Y. (2023). Inovasi Layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Melalui Layanan SINAR (SIM Nasional Presisi) di Tangerang Selatan. PENTAHELIX: Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 93–101.

Published

24-09-2025

How to Cite

Evaluasi Governansi Digital pada Layanan Perpanjangan SIM melalui Aplikasi SINAR. (2025). Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 9(2), 321-334. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v9i2.6516

Similar Articles

31-40 of 119

You may also start an advanced similarity search for this article.