Analisa Proses Bisnis Satuan Layanan dan Administrasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI)

Authors

  • Nanang Ismail Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
  • Ana Komari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
  • Sri Rahayuningsih Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatiunik.v2i1.372

Keywords:

Business Process Improvement, Standart Operating Procedure, Management Intern

Abstract

Bank Indonesia Representative Office Kediri is implementing Bank Indonesia policy, one of its tasks is to maintain the reliability of the payment system to support regional and national economic development. An inclusive and sustainable long-term, of course, in carrying out this mission is supported by a team known as internal management. This research uses a business process improvement method (BPI). The actual business process gap is identified with a Circular issued by Bank Indonesia. The results of the gap analysis will be input for activity analysis where each activity is grouped into RVA, BVA and NVA. Elimination of NVA activities is done, streamlining BVA activities and minimizing RVA activities. At the data collection stage, 6 actual business processes are obtained for payments to third parties and data provision, while for fuel management 2 actual business processes are obtained. The results of the activity analysis showed that there were 10 RVA activities, and 8 BVA activities and 0 NVA activities. From the research results obtained that the business processes that have been streamlined have increased efficiency for payments to third parties and the provision of data for stakeholders by 36.67%, while for fuel management by 7.5%. Business process improvements used in this study include upgrading. Proposed business processes are input in the preparation of SOPs.

 

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri adalah menjalankan kebijakan Bank Indonesia salah satu tugasnya menjaga kehandalan sistem pembayaran untuk mendukung pembangunan ekonomi daerah maupun nasional jangka panjang yang inklusif dan berkesinambungan, tentunya dalam menjalankan misi tersebut didalamnyadidukung oleh suatu tim yang dikenal management intern atau tim supporting, tentunya dalam tim tersebut terdapat beberapa permasalahan, diantaranya waktu penyelesaian pembayaran dan penyediaan data serta penyampaian data pengelolaan bahan bakar yang terlalu lama terkadang tidak sesuai dengan waktu standart yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode perbaikan proses bisnis atau Business Process Improvement (BPI). Perbaikan proses bisnis dilakukan dengan mengidentifikasi gap proses bisnis aktual dengan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Hasil analisis gap akan menjadi masukan untuk analisis aktivitas dimana setiap aktivitas dikelompokkan menjadi RVA, BVA dan NVA. Perbaikan proses bisnis dilakukan dengan mengeliminasi aktivitas NVA, menstreamlining aktivitas BVA dan melakukan meminimasipada aktivitas RVA.Pada tahap pengumpulan data diperoleh 6 proses bisnis aktual untuk pembayaran kepada pihak ketiga dan penyediaan data, sedangkan untuk pengelolaan bahan bakar diperoleh 2 proses bisnis aktual. Hasil analisa aktivitas menunjukkan terdapat 10 aktivitas RVA, dan 8 aktivitas BVA dan 0 aktivitas NVA. Dari hasil penelitian didapatkan proses bisnis usulan yang telah dilakukan streamlining terdapat peningkatan efisiensi untuk pembayaran kepada pihak ketiga dan penyediaan data untuk stakeholder sebesar 36,67%, sedangkan untuk pengelolaan bahan bakar minyak sebesar 7.5%.Tools perbaikan proses bisnis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain upgrading.Proses bisnis usulan menjadi masukan dalam penyusunan SOP.

 

References

H. Abya, M. M. Nasiri Khalili, M. Ebrahimi, and A. Movahed, “Strategic planning for tourism industry using SWOT and QSPM,†Manag. Sci. Lett., 2015.

R. S. Kaplan, “Conceptual Foundations of the Balanced Scorecard,†Handbooks of Management Accounting Research. 2009.

B. Indonesia, Publikasi Laporan Perekonomian Indonesia. Bank Indonesia, 2018.

E. M. Susilowati and E. Tiningrum, “TATA KELOLA PERBANKAN DITINJAU DARI KINERJA KEUANGAN DILIHAT DARI PROFITABILITAS PERBANKAN,†Ekon. Dan Perbank., 2019.

M. D. Angelica et al., “Determinants of Time Allocation across the Lifespan A Theoretical Model and an Application to the,†PLoS One, 2012.

P. D. Pasopati, “Apa Yang Dimaksud Biaya Semivariabel ?,†dictio.id, 2017. .

S. B. Utomo, “Business Process Improvement ( Bpi ) Proses Pengadaan Barang Non-Part Dengan Membangun E-Catalog ( Studi Kasus Di Pt . Tmmin ),†Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., no. November, 2018.

H. C. Resende, Ayala Diego Hernando Florez, U. M. Mauricio, F. F. Antônio, and Lezana Ãlvaro Guillermo Rojas, “Process improvement for professionalizing non-profit organizations: BPM approach,†Bus. Process Manag. J., vol. 22, no. 3, pp. 634–658, Jan. 2016.

A. Omar, “Business process management: a maturity assessment of Saudi Arabian organizations,†Bus. Process Manag. J., vol. 22, no. 3, pp. 507–521, Jan. 2016.

M. Hagemeister and A. Rodríguez-castellanos, “Knowledge acquisition , training , and the firm ’ s performance : A theoretical model of the role of knowledge integration and knowledge options,†Eur. Res. Manag. Bus. Econ., vol. 25, no. 2, pp. 48–53, 2019.

M. Metz and T. Attong, “Business Process Improvement,†Chang. or Die - Bus. Process Improv. Man., pp. 57–64, 2012.

W. Prihatmadji, “Peningkatan dan Perbaikan dari Temuan Audit External ISO 9001 di LP3I College,†Maj. Ilm. Bijak, vol. 16, no. 1, pp. 53–65, 2019.

H. Anastasiya and F. Terje, “Navigating through institutional complexity: adoption of a process view in functional organizations,†Bus. Process Manag. J., vol. 26, no. 2, pp. 593–612, Jan. 2019.

J. Yi, G. Yuan, and C. Yoo, “The effect of the perceived risk on the adoption of the sharing economy in the tourism industry: The case of Airbnb,†Inf. Process. Manag., vol. 57, no. 1, p. 102108, 2020.

A. Lumumba, G. I. Sukoco, T. Ayuningsih, I. F. Rahayu, and N. S. Toharoh, “Analisis Proses Bisnis Layanan Triple Play Menggunakan Pendekatan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus di PT TELKOM INDONESIA),†J. Manaj. Indones., vol. 16, no. 3, p. 205, 2017.

F. Andika, M. Kholil, T. Industri, and U. M. Jakarta, “Bussiness Process Improvement Sebagai Dasar Perbaikan Proses Penerbitan Dokumen Work Completion Certificate ( WCC ) dengan Menggunakan Metode Streamlining di PT XYZ,†J. Ilm. PASTI, vol. VI, no. 1, pp. 50–57, 2017.

N. Y. S. Indra Fahrizal, Ismiarta Aknuranda, “Analisis Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement ( BPI ) ( Studi Kasus : PT . Wonojati Wijoyo ),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 12, pp. 6201–6209, 2018.

F. I. Achmad, Rispianda, and G. P. Liansari, “Business Process Improvement Untuk Proses Penjualan , Produksi Dan Pembelian di CV. Cahaya Abadi Teknik,†J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. 4, no. 01, pp. 382–393, 2016.

S. D. Larasati, S. A. Wicaksono, and N. H. Wardani, “Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement ( BPI ) ( Studi Pada Bagian Riset Pemasaran dan Pusat,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 1, no. 11, pp. 1425–1432, 2017.

S. Rushanti, Y. Rohayati, and A. Aisha, “Perbaikan Proses Bisnis Penyusunan Rencana Kerja DISKOPERINDAG Menggunakan Metode Business Process Improvement Berdasarkan PERMENDAGRI Nomor 54 Tahun 2010 Serta Klausul 7.3 ISO 9001:2008,†JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., 2017.

R. Fadhillah, “Usulan Perbaikan Bisnis Proses Pada Divisi Production Engineering Di Industri Otomotif Dengan Menggunakan Pendekatan Business Process Improvement,†Universitas Indonesia, 2009.

N. Pröllochs and S. Feuerriegel, “Business analytics for strategic management: Identifying and assessing corporate challenges via topic modeling,†Inf. Manag., vol. 57, no. 1, p. 103070, 2020.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-04-29

How to Cite

Ismail, N., Komari, A., & Rahayuningsih, S. (2019). Analisa Proses Bisnis Satuan Layanan dan Administrasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI). JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 2(1), 33–45. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v2i1.372

Issue

Section

Articles