PENGARUH PENGALAMAN PEMASARAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG YANG DI MEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN DI UD SINAR HARAPAN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.30737/jimek.v6i01.4396Keywords:
Pengalaman Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Pembelian UlangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antaravariabel Pengalaman Pemasaran (X) terhadap Pembelian Ulang(Y) yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Z) di UD SinarHarapan Kediri. Pemilihan sampel menggunakan metodesampling jenuh, jumlah sampel dalam penelitian diperoleh 34responden pada UD Sinar Harapan Kediri. Berdasarkan hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa variabel PengalamanPemasaran terhadap pembelian ulang memiliki nilai t-statistik1.595 <1.96, dan nilai p-values 0.111 <0.05. Variabel PengalamanPemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan memiliki nilai t-statistik3.043 >1.96, dan nilai p-values 0.002 <0.05. Variabel KepuasanPelanggan terhadap Pembelian Ulang memiliki nilai t-statistik5.106 >1.96, dan nilai p-values 0.000 <0.05. Variabel PengalamanPemasaran terhadap Pembelian Ulang yang dimediasi olehKepuasan Pelanggan jika dilihat dari hasil pengujianbootstrapping memiliki nilai Indirect Effect 0.021 <0.05. Hal inimenunjukkan bahwa variabel Kepuasan Pelanggan (Z) mampumemediasi variabel Pengalaman Pemasaran (X) terhadapPembelian Ulang (Y)References
Putra, A.T. et al. (2017) ‘PENGARUH FUNCTIONAL , SYMBOLIC , DAN
EXPERIENTIAL BENEFITS TERHADAP LOYALTY INTENTION
PADA
PENONTON BIOSKOP MOVIMAX MALL DINOYO KOTA’, pp. 1–17.
Gersom Hendarsono; Sugiono Sugiharto (2013) ‘Analisa pengaruh experiential marketing
terhadap minat beli ulang konsumen cafe buntos 99 sidoarjo’,
Jurnal Manajemen
Pemasaran, 1(2), pp. 1–8.
Juliandi, A. (2018) ‘Structural equation model based partial least square SEM-PLS
Menggunakan SmartPLS’, Jurnal Pelatihan SEM-PLS Program Pascasarjana
Universitas Batam, pp. 16–17.
doi:10.5281/zenodo.2538001.
Harjadi, D. dan I.A. (2021) Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam
Kepuasan
Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Insania.
T, C.A. and Panjaitan, T.W.S. (2017) PEMASARAN JASA. Jakad Media Publishing.
Available at: https://books.google.co.id/books?id=oFjYDwAAQBAJ.
Hafidh, Fauzi D. (2021) ‘Determinasi Keputusan Pembelian Dan Pembelian Ulang
(Literature Review Manajemen Pemasaran)’, Jurnal Ilmu Manajemen
Terapan,
(6), pp. 790–800. doi:10.31933/jimt.v2i6.645.
Nurhayati, A. and Nurhalimah, N. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai
Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan’, Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis,
(2), pp. 1–5. doi:10.34308/eqien.v6i2.93.
Ronald, V.D.D. (2014) ‘Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang
Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening di
Breadtalk
Surabaya Town Square’, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), pp. 1–12.
Ghozali dan Latan (2015) PARTIAL LEAST SQUARES KONSEP, TEKNIK DAN APLIKASI
Menggunakan Program SmartPLS 3.0.
Hardisman (2021) Analisis Partial Least Square Structurral Equation Modelling (PLSSEM): Bintang Pustaka. Bintang Pustaka Madani.
Indrasari, M. (2019) PEMASARAN & KEPUASAN PELANGGAN. Unitomo Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jimek : Jurnal Ilmiah mahsiswa Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.