PENGARUH PENGALAMAN PEMASARAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG YANG DI MEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN DI UD SINAR HARAPAN KEDIRI

Authors

  • Nur Hidayati Universitas Islam Kadiri
  • Nurali Agus Najibul Z Universitas Islam Kadiri
  • Hendri Eka Prasetya Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v6i01.4396

Keywords:

Pengalaman Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Pembelian Ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antaravariabel Pengalaman Pemasaran (X) terhadap Pembelian Ulang(Y) yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Z) di UD SinarHarapan Kediri. Pemilihan sampel menggunakan metodesampling jenuh, jumlah sampel dalam penelitian diperoleh 34responden pada UD Sinar Harapan Kediri. Berdasarkan hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa variabel PengalamanPemasaran terhadap pembelian ulang memiliki nilai t-statistik1.595 <1.96, dan nilai p-values 0.111 <0.05. Variabel PengalamanPemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan memiliki nilai t-statistik3.043 >1.96, dan nilai p-values 0.002 <0.05. Variabel KepuasanPelanggan terhadap Pembelian Ulang memiliki nilai t-statistik5.106 >1.96, dan nilai p-values 0.000 <0.05. Variabel PengalamanPemasaran terhadap Pembelian Ulang yang dimediasi olehKepuasan Pelanggan jika dilihat dari hasil pengujianbootstrapping memiliki nilai Indirect Effect 0.021 <0.05. Hal inimenunjukkan bahwa variabel Kepuasan Pelanggan (Z) mampumemediasi variabel Pengalaman Pemasaran (X) terhadapPembelian Ulang (Y)

References

Putra, A.T. et al. (2017) ‘PENGARUH FUNCTIONAL , SYMBOLIC , DAN

EXPERIENTIAL BENEFITS TERHADAP LOYALTY INTENTION

PADA

PENONTON BIOSKOP MOVIMAX MALL DINOYO KOTA’, pp. 1–17.

Gersom Hendarsono; Sugiono Sugiharto (2013) ‘Analisa pengaruh experiential marketing

terhadap minat beli ulang konsumen cafe buntos 99 sidoarjo’,

Jurnal Manajemen

Pemasaran, 1(2), pp. 1–8.

Juliandi, A. (2018) ‘Structural equation model based partial least square SEM-PLS

Menggunakan SmartPLS’, Jurnal Pelatihan SEM-PLS Program Pascasarjana

Universitas Batam, pp. 16–17.

doi:10.5281/zenodo.2538001.

Harjadi, D. dan I.A. (2021) Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam

Kepuasan

Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Insania.

T, C.A. and Panjaitan, T.W.S. (2017) PEMASARAN JASA. Jakad Media Publishing.

Available at: https://books.google.co.id/books?id=oFjYDwAAQBAJ.

Hafidh, Fauzi D. (2021) ‘Determinasi Keputusan Pembelian Dan Pembelian Ulang

(Literature Review Manajemen Pemasaran)’, Jurnal Ilmu Manajemen

Terapan,

(6), pp. 790–800. doi:10.31933/jimt.v2i6.645.

Nurhayati, A. and Nurhalimah, N. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai

Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan’, Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis,

(2), pp. 1–5. doi:10.34308/eqien.v6i2.93.

Ronald, V.D.D. (2014) ‘Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang

Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening di

Breadtalk

Surabaya Town Square’, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), pp. 1–12.

Ghozali dan Latan (2015) PARTIAL LEAST SQUARES KONSEP, TEKNIK DAN APLIKASI

Menggunakan Program SmartPLS 3.0.

Hardisman (2021) Analisis Partial Least Square Structurral Equation Modelling (PLSSEM): Bintang Pustaka. Bintang Pustaka Madani.

Indrasari, M. (2019) PEMASARAN & KEPUASAN PELANGGAN. Unitomo Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-07-04

How to Cite

Nur Hidayati, Nurali Agus Najibul Z, & Prasetya, H. E. (2023). PENGARUH PENGALAMAN PEMASARAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG YANG DI MEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN DI UD SINAR HARAPAN KEDIRI. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 6(01), 122–132. https://doi.org/10.30737/jimek.v6i01.4396