Analisis Korelasi Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Teh Botol Sosro Di Indomaret

Authors

  • Marwita Andarini Universitas Kadiri
  • Teguh Basuki Universitas Kadiri
  • Tutut Subianti Universitas Kadiri
  • Yulia Priskila Widya Kristanti Universitas Kadiri
  • Afif Nur Rahmadi

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v3i2.4189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Teh Botol Sosro di Indomaret Jl. Sersan Bahrun, Mrican Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Teh Botol Sosro di Indomaret Jl. Sersan Bahrun, Mrican Kediri. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Karena banyaknya konsumen Teh Botol Sosro yang tidak diketahui jumlahnya maka menggunakan rumus Lemeshow dan diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Secara simultan citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian

References

Fatmaningrum, Sakti Riana, Susanto, and Muinah Fadhilah. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea.†Jurnal Ilmiah MEA 4 (1): 176–88.

Imron, Imron. 2019. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.†Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5 (1): 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861.

Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).†Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7 (1): 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528.

Nuki Dian Marchiani, Wahyu Hidayat, Reni Shinta Dewi. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneakers Merek Converse (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang).â€

Fatmaningrum, Sakti Riana, Susanto, and Muinah Fadhilah. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea.†Jurnal Ilmiah MEA 4 (1): 176–88.

Imron, Imron. 2019. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.†Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5 (1): 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861.

Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).†Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7 (1): 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528.

Nuki Dian Marchiani, Wahyu Hidayat, Reni Shinta Dewi. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneakers Merek Converse (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang).†Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 4 (3): 1–9.

Rizky, Mochamad Arif, Rois Arifin, and M. Hufron. 2018. “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Indomilk (Studi Pada Konsumen Susu Indomilk Di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan).†E – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN, 40–55.

Roisah, Riris, and Dwiza Riana. 2016. “Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen.†Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis 4 (1): 100–107. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/351.

Ruhamak, Muhammad Dian, and Evi Husniati Syai’dah. 2018. “Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare).†Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 3 (2): 14. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i2.186.

Sastika, Widya. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Website e-Commerce Traveloka.†Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016) 2016 (Sentika): 18–19.

Supangkat, Aditya Hangga. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako.†Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 6 (9): 1–19.

Supriyadi, Edi. 2018. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Statistical Proses Control (SPC) Di Pt. Surya Toto Indonesia, Tbk.†Jitmi 1 (1): 63–73.

Warasto, Hestu Nugroho. 2018. “Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur).†JURNAL SeMaRaK 1 (1): 1–12. https://doi.org/10.32493/smk.v1i1.1243.y2018.

Wibawa, Komang Agus Ardi Ary, I Ketut Kirya, and I Wayan Suwendra. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor.†E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha 4 (1): 1–8. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6701.

Widiana, I, and Tjok. Sukawati. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Pt. Unilever.†E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 5 (4): 255017.

)

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-30

How to Cite

Andarini, M., Basuki, T., Subianti, T., Widya Kristanti, Y. P., & Rahmadi, A. N. (2022). Analisis Korelasi Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Teh Botol Sosro Di Indomaret. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 3(2), 59–74. https://doi.org/10.30737/risk.v3i2.4189

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)