PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI KEPUASAN KONSUMEN SERTA NIAT PEMBELIAN ULANG PADA PRODUK GADAI EMAS IB BAROKAH DI BANK JATIM CABANG SYARIAH SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1086Keywords:
produk, harga, lokasi, kepuasan konsumen, niat beliAbstract
Lingkungan perbankan terus menerus mengalami perubahan dengan semakin bermacam-macam model bisnis yang harus dijalankan sehingga dapat berpengaruh kepada perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk adalah salah satu perbankan BUMD terkemuka di Indonesia. Salah satu adanya perubahan yang dilakukan oleh Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk adalah membuat Unit Usaha Syariah atau yang lebih dikenal dengan nama Bank Jatim Syariah untuk melayani pasar syariah di Indonesia. Sampai dengan tahun 2019, Bank Jatim Syariah telah memiliki 8 kantor cabang yang terletak di Jawa Timur. . Bank Jatim Syariah memiliki berbagai macam produk yang ditawarkan salah satunya adalah Gadai Emas IB Barokah. Produk Gadai Emas IB Barokah mendapat sambutan hangat oleh masyarakat yang membutuhkan penyediaan dana dengan agunan berupa emas perhiasan ataupun emas batangan. Proses pemasaran yang telah dilakukan oleh Bank Jatim Syariah terhadap produk Gadai Emas IB Barokah masih minim dalam evaluasi dari berbagai faktor. Salah satu analisis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan dari sisi produk, harga dan lokasi dari Gadai Emas IB. Dalam proses evaluasi terhadap sisi produk, harga dan lokasi terhadap Gadai Emas IB Barokah, Bank Jatim Syariah diharapkan dapat diketahui kepuasan konsumen terhadap produk Gadai Emas IB Barokah serta menimbulkan adanya niat pembelian ulang oleh para konsumen secara terus menerus.
Downloads
References
Agyapong, K. (2016). The Effect of Marketing Strategy on Consumer Satisfaction: Distance Education Perspective. International Journal of Innovative and Research Development, 6(7), 133–139. https://doi.org/: 10.24940/ijird/2017/v6/i7/JUL17020
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Ehsani, Z., & Ehsani, M. (2015). Effect of Quality and Price on Customer Satisfaction and Commitment in Iran Auto Industry. International Journal of Service Science, Management and Engineering, 1(5), 52–56.
Kana, T. (2018). The Effect of Location and Facilities Services User Satisfaction Container Loading and Unloading in Port of Indonesia IV (Persero) Branch Merauke. International Journal of Social Science and Business, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i1.11900
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). New Jersey: Pearson Prentoice Hal.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, Global Edition. New York: Pearson Education Limited.
Lovelock, C., & Wright, L. K. (2005). , 2011, Managemen Pemasaran Jasa(Terjemahan), PT Indeks (GRAMEDIA GROUP) Jakarta. Jakarta: Indeks.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Palmer, A., & Keown-McMullan, C. (2000). Equity and repurchase intention following service failure. Journal of Services Marketing, 14(6), 513–528. https://doi.org/10.1108/08876040010347624
Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. Journal of Marketing and Consumer Research, 30, 59–68.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Palanggan Puas ? Tak Cukup ! Yogyakarta: Andi.
Varga, A., DlaÄić, J., & VujiÄić, M. (2014). Repurchase intentions in a retail store - exploring the impact of colours. Ekonomski Vjesnik, 27(2), 229–244.
Zeithaml, V. A., & Bitner, B. (2000). Service Marketing: Integrating Customer Focus (2nd ed.). New York: McGraw-Hill Inc.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2006). Services marketing: integrating customer focus across the firm (4th ed.). Boston, MA: McGraw-Hill/Irwin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Arys Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).