Pengaruh Promosi Penjualan, Kepercayaan Merek, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Loyalitas Pelanggan Studi pada Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur

Authors

  • Gokma Uli Roma Arta Munthe UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Nurhadi

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v9i2.5498

Keywords:

Promosi Penjualan, Kepercayaan Merek, Kemudahan Penggunaan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

The purpose of this research is to understand how sales promotion, brand trust, and ease of use affect customer loyalty (Study on students of UPN "Veteran" East Java). An explanatory research method with a quantitative approach was employed, with 157 respondents from UPN "Veteran" East Java. The sampling technique used was purposive sampling with a nonprobability sampling method. Data analysis was conducted using the SPSS software. The findings of this research indicate that simultaneously, sales promotion, brand trust, and ease of use significantly influence customer loyalty. Partially, sales promotion and brand trust have a significant impact on customer loyalty, while ease of use partially does not show a significant influence on customer loyalty

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Go-Food di Kota Bandung. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 3(3), 123–128. https://e-resources.perpusnas.go.id:2119/id/publications/423320/pengaruh-promosi-penjualan-terhadap-kepuasan-pelanggan-melalui-keputusan-pembeli

Arjuna Putra, & Muhammad Nur Fietroh. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Shopee. Advantage: Journal of Management and Business, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.61971/advantage.v1i1.3

Az-zahra, H. N., Tantya, V. A., & Apsari, N. C. (2021). Layanan Online Food Delivery Dalam Membantu Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Mikro. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 156. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.33513

Chusniartiningsih, E., & Andjarwati, A. L. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 85–95.

Diana, D., & Anggreani, Y. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Tunas Perkasa Tekindo. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(2), 93. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.2.93-102

Dirnaeni, D., Gunadarma, U., Handrijaningsih, L., Gunadarma, U., Gunadarma, U., & Gunadarma, U. (2021). PERSEPSI KEMUDAHAN , CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN E-WALLET MELALUI KEPUASAN. 13(20), 287–303.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Indrawan, D., Rahmawati, G., Oktaviana, I., & Ismiati, S. (2022). Model Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan: Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek (Literatur Review Manajemen Pemasaran). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 240–253. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Hanjaya, J. K., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh kualitas layanan, promosi penjualan dan digital marketing terhadap loyalitas konsumen gojek di denpasar. 11(9), 1634–1656

Martin, M., & Nasib, N. (2021). The Effort to Increase Loyalty through Brand Image, Brand Trust, and Satisfaction as Intervening Variables. Society, 9(1), 277–288. https://doi.org/10.33019/society.v9i1.303

Nainggolan, N. P. (2018). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt Great Seasons Tours and Travel. 6(1).

Ngabiso, F., Radji, D. L., & Kango, U. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Amdk Merek Aqua Di Kota Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.37479/jimb.v4i1.10453

No Title. (2019). 4, 105–116.

Pramezwary, A., Juliana, J., Winata, J., Tanesha, R., & Armando, T. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Perspektif, 19(1), 24–31. https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9376

Promosi, P., Kemudahan, D. A. N., & Terhadap, P. (2022). Pengaruh promosi dan kemudahan penggunaan terhadap loyalitas pelanggan pada layanan shopeefood di jakarta. 1(2), 18–28.

Riyanti, A., & Atmaja, H. E. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi BPJSTKU Mobile dalam Upaya Meningkatkan Kemudahan Masyarakat Pekerja. Jurnal Ekonomi & Manajemen, 18(1), 8–14.

Salsyabila, S. R., & Fadilla, A. (2021). Pengaruh promosi penjualan dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan The effect of sales promotion and e-service quality on customer loyalty dalam menyelesaikan masalah , Adanya penjual atau seller di marketplace Shopee yang kurang dapat dipercay. 18(4).

Santosa, S., & Luthfiyyah, P. P. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan di Gamefield Hongkong Limited. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 10(1), 1–7.

Sasono, E., Ernawati, F. Y., & Wijaya, F. H. (2023). Analisis Pengaruh Kepercayaan Merek, Kepribadian Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Minyak Zaitun Hni Hpai Pada Masyarakat Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari Semarang. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 15(2), 121–136. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i2.619

Sulfarid. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Air Minum Kemasan Merek Aqudo. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 2(2), 106–116. https://doi.org/10.51875/jibms.v2i2.186

Tjahjaningsih, P. &. (2022). admin,+3.+Salma+JMBI+Unpublish+2022. 9(2), 463–476.

Wahyuningsih, D., & Nirawati, L. (2022). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Wallet Aplikasi Dana. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(3), 435-445.

Dihni, Vika. (2022). Layanan Pesan Antar Makanan Online yang Pertama Kali Diingat/Top of Mind Berdasarkan Riset Tenggara Strategics (2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/riset-grabfood-kalah-populer-dibandingkan-gofood-dan-shopeefood. (Diakses 10 Februari 2024)

PlumX Metrics

Published

2024-09-30

How to Cite

Munthe, G. U. R. A., & Nurhadi. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan, Kepercayaan Merek, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Loyalitas Pelanggan Studi pada Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 9(2). https://doi.org/10.30737/ekonika.v9i2.5498