PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD  GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Guntoro Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia
  • M. Daimul Abror Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia
  • Teguh Pramono Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v2i2.6434

Keywords:

prinsip good governance, Pelayanan Publik, kepuasan masyarakat

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis  penerapan prinsip – prinsip Good Governance dalam pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk serta untuk menganalisis faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan prinsip-prinsip Good Governance di pelayanan publik  pada Kantor Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.  Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat di tarik kesimpulan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik pada kantor Kecamatan Ngluyu belum sepenuhnya menerapkan, tentunya petugas dari kecamatan tetap akan menyelesaikan tugasnya sesuai dengan Standart sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP), Berdasarkan prinsip good governance, yaitu transparansi, akuntabilitas, dan responsivitas, jika diterapkan secara efektif dan benar, pelayanan publik akan menjadi lebih baik, khususnya dalam hal administrasi, berdasarkan kepuasan masyarakat.

References

Aisy, R. R. (2022). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah). Kabupaten Lampung Tengah.

Ajzen, I. (2011). The Theory Of Planned Behaviour: Reactions And Reflections. In Psychology And Health (Vol. 26, Issue 9, Pp. 1113–1127). Https://Doi.Org/10.1080/08870446.2011.613995

Artana, I. Ma. (2014). Implementasi Prinsip – Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelayanan Publik Pada Kantor Upt Dinas Pendapatan Provinsi Bali Di Kabupaten Badung. 1–23.

Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Ugm Press.

Hidayat, E., Pramono, T., Fachruddin, I., & Prissando, F. A. (2023). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Administrasi Negara Asian (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 11(1), 29–40.

Ingan, M. (2023). Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Adminitrasi Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Malinau Selatan Kalimantan Utara. 18520035. Http://Repo.Apmd.Ac.Id/Id/Eprint/2049

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt. Remaja Rosda Karya, 17.

Ningsih, N. A., & Indar, A. R. (2011). Analisis Hubungan Prinsip-Prinsip Good Governance Dengan Kinerja Pegawai Di Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur. Universitas Hassanudin Makassar.

Noor, J. (2021). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Prenada Media.

Patton, M. Q. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif.

Sahda Salsabila, Iswiyati Rahayu, D. K. (2021). Penerapan Good Governance Pada Kualitas Pelayanan Publik (Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin) Sahda. Jurnal Pelayanan Publik, 2013–2015. Http://Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id/Id/Eprint/8334

Tompo, M., Madani, M., & Fatmawati, F. (2021). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Rsud Lanto Daeng Pasewang Kabupaten Jeneponto. Jppm: Journal Of Public Policy And Management, 3(1), 43–52.

Ulupui, I. G. (2002). Petunjuk Menuju Penilaian Kinerja Pada Sektor Publik (Guidance Toward Performance Assessment Of The Public Sector). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Sektor Publik, 3(1), 10–16.

Wolf, K. D. (1999). The New Raison D’état As A Problem For Democracy In World Society. European Journal Of International Relations, 5(3), 333–363.

Published

2025-05-24

Issue

Section

Articles

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD  GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK. (2025). Jurnal Interaksi : Jurnal Mahasiswa Administrasi Publik, 2(2), 1-14. https://doi.org/10.30737/interaksi.v2i2.6434

Similar Articles

1-10 of 63

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>