Main Article Content

Abstract

Saat ini banyak anak yang enggan menggunakan masker, padahal tidak memakai masker saat pandemi adalah hal yang berisiko. Pendidikan kesehatan dengan mendongeng merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan yang baik pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode mendongeng terhadap pengetahuan dan perilaku penggunaan masker pada anak usia 10-12 tahun. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan one group pretes-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 anak usia 10-12 tahun di SDN Pandansari dengan teknik total sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan mendongeng dan variabel terikatnya adalah pengetahuan dan perilaku. Instrumen penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Hasil penelitian adalah tes Mc Nemar sebelum pendidikan kesehatan, semua responden memiliki pengetahuan dan perilaku yang kurang baik. Setelah diberikan pendidikan kesehatan, hampir semuanya memiliki pengetahuan dan perilaku yang baik. Hasilnya adalah nilai p = 0,000 (<0,005). Kesimpulan penelitian ini, bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode mendongeng terhadap pengetahuan dan perilaku penggunaan masker pada anak usia 10-12 tahun di SDN Pandansari. Saran bagi petugas kesehatan agar melakukan pendidikan kesehatan pada anak agar pengetahuan dan perilaku anak menjadi lebih baik

Keywords

Perilaku Pendidikan Kesehatan Pengetahuan Masker

Article Details

How to Cite
Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Storytelling Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Penggunaan Masker Pada Anak Usia 10-12 Tahun. (2021). Nursing Sciences Journal, 5(2), 103-110. https://doi.org/10.30737/nsj.v5i2.1945

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Storytelling Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Penggunaan Masker Pada Anak Usia 10-12 Tahun. (2021). Nursing Sciences Journal, 5(2), 103-110. https://doi.org/10.30737/nsj.v5i2.1945

References

  1. A.Fiddian Green. (2019). A Conceptual Model Of The Effect Of Digital Storytelling.
  2. -7
  3. Amalia. (2017). Behavior of Children. Magistra. Jakarta 18-24
  4. Asmawati. (2018). Hubungan tingkat pengetahuan anak terhadap perilaku
  5. pemakaian masker pada anak usia 9-13 tahun . 2-5
  6. Aprilaz, (2017. Perbandingan efektifitas metode video dan storytelling dalam
  7. pendidikan kesehatan pada anak usia sekolah tentang personal safety.9-10
  8. Asfandiyar. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode audiovisual
  9. terhadap tingkat pengetahuan anak dalam mencuci tangan. 17–52.
  10. Bunata. (2019). Hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku personal
  11. hygen pada masyarakat di kabupaten majalengka. 2, 1–7.
  12. C.Haigh (2018). A Conceptual Exsploration Of Storytelling in Healthcare Education.
  13. -13
  14. Devi, T. (2019). Tahapan tahapan Perilaku Anak. 9–29.
  15. Eka, R. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat kepatuhan
  16. penggunaan masker pada anak usia 9- 13 tahun di SD N wonogiri. 10–32.
  17. Ernawati. (2019). PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG Masker PADA ANAK
  18. USIA SEKOLAH 19- 27 DI SEMARANG. 4-7
  19. Hamid, F. (2020). Anjuran mengenai penggunaan masker untuk anak-anak di
  20. tengah masyarakat dalam konteks COVID-19. 21–25.
  21. Hamid, T. (2019). Mengenal lebih Dalam Perilaku Pada Anak. 8-11
  22. Hasibuan, M. A. (2018). Behavior and child development. 21-23
  23. Hidayat, A.A.A. (2010). Metodelogi Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data.
  24. Salemba Medika, 148-149
  25. Kusuma, E. (2018). PEMAKAIAN MASKER PADA PEKERJA BAGIAN WINDING PT .
  26. ISKANDAR INDAH PRINTING TEXTILE SURAKARTA. 2, 4–6.
  27. Meidawati, 2018. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat
  28. Kepatuhan Penggunaan Masker Pada Masyarakat Di Desa Sumberjaya, 2, 7–
  29. Mubarak. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN
  30. MODELLING TERHADAP PENGETAHUAN , MENSTIMULASI TUMBUH
  31. KEMBANG BAYI 0-6 BULAN DI KABUPATEN MAROS. 2, 5.
  32. Notoatmodjo, S. (2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta. Jakarta
  33. -67
  34. Okviana. (2018). Hubungan antara usia terhadap perubahan perilaku pada anak
  35. di TK Anugrah. 10–40.
  36. Pangesti, C. P. (2019). pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode
  37. storytelling terhadap pengetahuan dan perilaku anak dalam mencuci tangan.
  38. Rahayu, E. T. (2019). Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan Komunitas. 8–

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.