IMPLEMENTASI PP NO. 4 TH 2022 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN di SD NEGERI GONDANGWETAN

Authors

  • Indah Dwi Kusrini Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia
  • Teguh Pramono Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia
  • M. Daimul Abror Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v2i2.6437

Keywords:

Implementasi, SDN, SNP

Abstract

Krisis dalam sistem pembelajaran semakin memburuk dengan pandemi Covid-19. Untuk mengatasi isu learning loss dan learning gap, pemerintah menerapkan standar mutu pendidikan baru melalui PP Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. SD Negeri Gondangwetan adalah salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Nganjuk. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, SD Negeri Gondangwetan berupaya menerapkan standar pendidikan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi PP No. 4 Th 2022 Tentang Standar Nasional Pendidikan di SD Negeri Gondangwetan serta factor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif yang berfokus pada teori Edward III tentang implementasi kebijakan yaitu: komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi berjalan cukup baik, terutama dalam hal komunikasi kebijakan, disposisi, dan struktur birokrasi. Namun, ada beberapa kendala, seperti inkonsistensi dalam penyampaian informasi kebijakan dan belum optimalnya pemenuhan sumber daya. Faktor pendukungnya adalah kerjasama antara tenaga pendidik dan kependidikan serta kualifikasi guru yang memadai. Faktor penghambatnya adalah kurangnya sumber daya manusia yang sesuai kualifikasi serta kekurangan sarana dan prasarana yang memadai. 

References

Abdi, M. I., & Ananiah, A. (2017). Implementasi Standar Nasional Pendidikan pada Sekolah-Sekolah Unggulan di Samarinda. Fenomena, 9(1), 83. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.858

Amalia, I. D. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 1 NGANJUK. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255.

Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Kajian Akademik.

Mesiono, R. H., Mz, I., Nasution, A. S., & Siregar, A. H. (2022). Implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Pendidikan Dasar dan Menengah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu Bara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12095–12105.

Mohammad, S. (2017). Personal branding guru : meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru (M. Sandra. & Ed), Eds.). Ar-Ruzz Media.

Muttaqin, T. (2018). Determinants of Unequal Access to and Quality of Education in Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 2(1), 1–23. https://doi.org/10.36574/jpp.v2i1.27

NELI, H. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATA PELAJARAN KE-NU-AN KELAS XI DI SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMAS. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

The SMERU Research Institute. (2020). Memulihkan penurunan kemampuan siswa saat sekolah di Indonesia dibuka kembali. The RISE Programme in Indonesia.

Published

2025-05-24

Issue

Section

Articles

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

IMPLEMENTASI PP NO. 4 TH 2022 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN di SD NEGERI GONDANGWETAN. (2025). Jurnal Interaksi : Jurnal Mahasiswa Administrasi Publik, 2(2), 26-36. https://doi.org/10.30737/interaksi.v2i2.6437

Similar Articles

21-30 of 40

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>