PENELITIAN CAMPURAN ASPAL BETON MENGGUNAKAN PASIR VULKANIK GUNUNG KELUD DENGAN LIMBAH BOTOL PLASTIK
DOI:
https://doi.org/10.30737/jurmateks.v1i2.384Keywords:
Concrete Asphalt, Plastic Bottle Waste, Marshall Test, HighwayAbstract
The use of a plastic bottle waste mixture on asphalt concrete as an additional material for road pavement is one of the alternatives to get a good quality pavement layer. As well as the innovation of using Mount Kelud volcanic sand as a substitute for Brantas sand. This addition also aims to reduce the amount of plastic waste that is difficult to decipher, in order to reduce the presence of waste so that it does not cause bad impacts on society. This study aims to determine the characteristic properties of asphalt with a mixture of plastic bottle waste. The results of the study, the addition of plastic bottle waste by 2%, 3%, and 5% can be concluded that the addition of 2% plastic bottle waste cannot meet the specifications, but with the addition of plastic bottle waste 3% - 5% it can meet the requirements for the laston mixture specification (AC-BC ).
Penggunaan campuran limbah botol plastik pada aspal beton sebagai material tambahan perkerasan jalan salah satu alternatif yang digunakan untuk mendapatkan kualitas lapis perkerasan yang baik. Serta inovasi penggunaan pasir vulkanik gunung kelud sebagai pengganti pasir brantas. Penambahan ini juga bertujuan untuk mengurangi banyaknya sampah plastik yang sulit diuraikan, agar dapat mengurangi keberadaan sampah sehingga tidak menyebabkan dampak buruk bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui sifat sifat karakteristik aspal dengan campuran limbah botol plastik. Hasil Penelitian penambahan limbah botol plastik sebesar 2%,3%,dan 5% dapat disimpulakn dengan penambahan platik sebesar 2%Â belum dapat memenuhi spesifikasi, namun dengan penambahan limbah botol plastik 3% - 5% dapat memenuhi syarat spesifikasi campuran laston (AC-BC).
References
Faisal, S. M. Shaleh, and M. Isya, “KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN ASPAL BETONAC-BC MENGGUNAKANMATERIAL AGREGAT BASALT DENGAN ASPAL PEN. 60/70 DAN TAMBAHAN PARUTAN BAN DALAM BEKAS KENDERAAN RODA 4,†vol. 3, no. 3, pp. 38–48, 2014.
G. S. Muaya, O. H. Kaseke, and M. R. E. Manoppo, “Pengaruh Terendamnya Perkerasan Aspal oleh Air Laut yang Ditinjau Terhadap Karakteristik Marshall,†J. Sipil Statik, vol. 3, no. 8, pp. 562–570, 2015.
D. . Umum, “RSNI Geometri Jalan Perkotaan (RSNI T-14-2004),†Jakarta; Badan Stand. Nas., no. 13, pp. 4–73, 2004.
M. Sanam, R. F. Litelnoni, A. Suraji, B. Aspal, and L. Plastis, “A . Agregat kasar Penyerapan (%) • Berat Jenis Bulk • Berat Jenis SSD • Berat Jenis App Abrasi dengan mesin Los Angeles (%) B . Agregat Halus Penyerapan (%) • Berat Jenis Bulk • Berat Jenis SSD • Berat Jenis App Kadar lumpur (%) C . Additif,†vol. 21, no. 2, pp. 32–39, 2013.
I. S. Simanjuntak, Y. Riris, and R. Saragi, “Analisa Perbandingan Kualitas Aspal Beton Dengan Filler Bentonite,†2013.
I Nyoman Arya Thanaya, “Studi Karakteristik Campuran Aspal Beton Lapis Aus ( AC-WC ) Menggunakan Aspal Penetrasi 60 / 70 dengan Penambahan Lateks Material dan Metode,†vol. 22, no. 2, pp. 77–86, 2016.
SNI 03-2417-1991, “Metode pengujian tentang analisis saringan agregat halus dan kasar,†pp. 1–5, 1990.
W. J. Korua, O. H. Kaseke, and L. Elisabeth, “Kriteria Marshall Pada Campuran Beraspal Panas Jenis Lapis Aspal Beton-Lapis Aus Bergradasi Halus,†vol. 3, no. 12, pp. 847–852, 2015.
R. Basuki and M. Machsus, “Penambahan Gilsonite Resin Pada Aspal Prima 55 untuk Meningkatkan Kualitas Perkerasan Hot Mix,†J. Apl. Tek. Sipil, vol. 3, no. 1, p. 16, 2007, doi: 10.12962/j12345678.v3i1.2564.
Djumari and D. Sarwono, “Perencanaan Gradasi Aspal Porus Menggunakan Material,†Media Tek. Sipil, vol. IX, pp. 9–14, 2009.
S. Sukirman, Perkerasan lentur jalan raya, vol. 2. 1999.
S. Sukarman, Beton Aspal Campuran Panas. Yayasan Obor Indonesia, 2003.
E. Nurfadzilah, S. Winarto, and Y. Cahyo, “ANALISA JALAN RING ROAD NGAWI STA 3+200 – STA 6+200 KABUPATEN NGAWI PROPINSI JAWA TIMUR,†Jurmateks, vol. 1, no. 1, pp. 33–43, 2018.
A. Kumalawati and M. Y., “Analisis Pengaruh Penggunaan Abu Batu Apung Sebagai Pengganti Filler Untuk Campuran Aspal,†J. Tek. Sipil, vol. II, no. 2, pp. 191–200, 2013.
SNI 03-2417-1991, “Metode Pengujian Keausan Agregat dengan Mesin Abrasi Los Angeles,†Balitbang PU, vol. 12, no. 12, pp. 1–5, 1991.
S. N. Indonesia, “Metode pengujian berat jenis dan penyerapan air agregat kasar,†SNI-03-1969-1990, 1990.
S. N. Indonesia, “Metode Pengujian Keausan Agregat dengan Mesin Abrasi Los Angeles,†SNI-03-2417-1991, 1991.
E. Gardjito, “STUDY PERENCANAAN GEOMETRIK, PERKERASAN JALAN DAN PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA PADA JALAN RAYA KALIDAWIR–Ds. NGUBALAN Kec. KALIDAWIR,†UKaRsT, vol. 1, no. 2, p. 11, 2017.
I. M. A. Ariawan, “PENGGUNAAN BATU KAPUR SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE BINDER COARSE (AC-BC) DENGAN METODE KEPADATAN MUTLAK (PRD),†J. Ilm. Tek. Sipil, 2007.
D. P. Umum, “Metode Pengujian Tentang Analisis Saringan Agregat Halus Dan Kasar SNI 03-1968-1990,†Jakarta Badan Pekerj. Umum, 1990.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) The copyright of published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscript. Therefore, the author needs to confirm that the copyright has been managed by the publisher with the Publication Right Form which must be attached when submitting the article.
(2) Publisher of JURMATEKS is Kadiri University.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution-ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.