Pengaruh Kualitas, Merek, Label, Variant Rasa Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri

Authors

  • Putri Kurniawati
  • Ariadi Santoso Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kadiri
  • Andi Artono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kadiri
  • Budi Susanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v4i1.5211

Keywords:

Kualitas , Label, Merk, Varian Rasa, Kemasan Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk (X) yang meliputi: (kualitas (X1), merek (X2), label (X3), variant rasa (X4), dan Kemasan (X5)) terhadap Keputusan pembelian (Y). Populasi penelitian disini dalam arti pelanggan yang datang melakukan dan mendapatkan pelayanan di Kecamatan Wates 3 bulan terakhir didapat sebanyak 90 pelanggan. analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) atribut produk berdasarkan  variabel atribut merek sebagian besar responden menyatakan setuju, (2) atribut produk berdasarkan  variabel atribut kemasan sebagian besar responden menyatakan setuju, (3) atribut produk berdasarkan  variabel atribut variant rasa  sebagian besar responden menyatakan sangat setuju, (4) atribut produk berdasarkan  variabel atribut label sebagian besar responden menyatakan sangat setuju, (5) atribut produk berdasarkan  variabel atribut kualitas sebagian besar responden menyatakan setuju. Konsumen menyatakan sangat setuju untuk keputusan pembelian konsumen. Secara parsial terdapat pengaruh positif signifikan atribut merek tehadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif signifikan atribut kemasan tehadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif signifikan atribut harga tehadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif tidak signifikan atribut label tehadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif signifikan atribut kualitas tehadap keputusan pembelian. Sedangkan cara simultan dapat disimpukan bahwa ada pengaruh positif signifikan atribut produk (merek, kemasan, harga, variant rasa, dan kualitas) terhadap keputusan pembelian konsumen.

References

Angipora, M. P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran.Jakarta: PT Raja Grafido Persada.

Ariani, D.W. 2003.Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Arikuto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Assauri, S. 2002. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafido Persada.

Cooper, R. D. & Emory, W. C. 1995.Metode Penelitian Bisnis.Terjemahan oleh Ellen Gunawan & Imam Nurmawan. 1996. Jakarta: Erlangga.

Daniel, W. W. & Terrel, J. C. 1989.Business Statistics Basic Concept and Methodology.Boston: Hougton Mifflin Company

Ferrinadewi, E. 2005.Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian

Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen diSurabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol.7, no.2, September 2005: 139-151

Gitosudarmo, I. H. 2002. Manajemen Operasi Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Ghozali, I. 2003. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang: Universitas Diponegaro

Gujarati, D. & Zain, S. 1978. Ekonometrika Dasar. Terjemahan oleh Sumarno Zein. Tanpa Tahun. Jakarta: Erlangga.

Hartini, S. 2004 .Analisis Perilaku Konsumen Industri Sepatu di Wedoro.Jurnal Penelitian Dinamika Sosial.Vol. 5 No. 2 Agustus 2004: 154-167

http://www.datastatistic Indonesia.com /M/2008/-3.1 pertumbuhan penduduk.htm(on line) Diakses 25 Agustus 2010.

http://www.kontan-online.com (on line) Diakses 25 Agustus 2010.

http://www.mainsaham.com (on line) Diakses 25 Agustus 2010.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-30

How to Cite

Kurniawati, P., Santoso, A., Artono, A., & Susanto, B. (2023). Pengaruh Kualitas, Merek, Label, Variant Rasa Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 84–100. https://doi.org/10.30737/risk.v4i1.5211