Pengaruh Kualitas, Merek, Label, Variant Rasa Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30737/risk.v4i1.5211Keywords:
Kualitas , Label, Merk, Varian Rasa, Kemasan Produk, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk (X) yang meliputi: (kualitas (X1), merek (X2), label (X3), variant rasa (X4), dan Kemasan (X5)) terhadap Keputusan pembelian (Y). Populasi penelitian disini dalam arti pelanggan yang datang melakukan dan mendapatkan pelayanan di Kecamatan Wates 3 bulan terakhir didapat sebanyak 90 pelanggan. analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) atribut produk berdasarkan variabel atribut merek sebagian besar responden menyatakan setuju, (2) atribut produk berdasarkan variabel atribut kemasan sebagian besar responden menyatakan setuju, (3) atribut produk berdasarkan variabel atribut variant rasa sebagian besar responden menyatakan sangat setuju, (4) atribut produk berdasarkan variabel atribut label sebagian besar responden menyatakan sangat setuju, (5) atribut produk berdasarkan variabel atribut kualitas sebagian besar responden menyatakan setuju. Konsumen menyatakan sangat setuju untuk keputusan pembelian konsumen. Secara parsial terdapat pengaruh positif signifikan atribut merek tehadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif signifikan atribut kemasan tehadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif signifikan atribut harga tehadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif tidak signifikan atribut label tehadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif signifikan atribut kualitas tehadap keputusan pembelian. Sedangkan cara simultan dapat disimpukan bahwa ada pengaruh positif signifikan atribut produk (merek, kemasan, harga, variant rasa, dan kualitas) terhadap keputusan pembelian konsumen.
References
Angipora, M. P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran.Jakarta: PT Raja Grafido Persada.
Ariani, D.W. 2003.Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Arikuto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Assauri, S. 2002. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafido Persada.
Cooper, R. D. & Emory, W. C. 1995.Metode Penelitian Bisnis.Terjemahan oleh Ellen Gunawan & Imam Nurmawan. 1996. Jakarta: Erlangga.
Daniel, W. W. & Terrel, J. C. 1989.Business Statistics Basic Concept and Methodology.Boston: Hougton Mifflin Company
Ferrinadewi, E. 2005.Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian
Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen diSurabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol.7, no.2, September 2005: 139-151
Gitosudarmo, I. H. 2002. Manajemen Operasi Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Ghozali, I. 2003. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang: Universitas Diponegaro
Gujarati, D. & Zain, S. 1978. Ekonometrika Dasar. Terjemahan oleh Sumarno Zein. Tanpa Tahun. Jakarta: Erlangga.
Hartini, S. 2004 .Analisis Perilaku Konsumen Industri Sepatu di Wedoro.Jurnal Penelitian Dinamika Sosial.Vol. 5 No. 2 Agustus 2004: 154-167
http://www.datastatistic Indonesia.com /M/2008/-3.1 pertumbuhan penduduk.htm(on line) Diakses 25 Agustus 2010.
http://www.kontan-online.com (on line) Diakses 25 Agustus 2010.
http://www.mainsaham.com (on line) Diakses 25 Agustus 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Kurniawati, Ariadi Santoso, Andi Artono, Budi Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).