TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG OBAT GENERIK DAN OBAT MEREK DAGANG DI DESA X KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.30737/jafi.v4i1.3657Abstract
Obat Generik merupakan jenis obat yang mempunyai kandungan bahan aktif yang sama dengan obat paten, mempunyai nama resmi yang sudah ditetapkan dalam farmakope Indonesia dari World Health Organization (WHO) untuk zat berkhasiat yang terkandung di dalamnya. Nama obat generik terletak sebagai judul monografi dari sediaan – sediaan obat yang mengandung sebagai nama generik sebagai zat tunggal. Obat merk dagang merupakan obat yang diproduksi, serta dipasarkan dengan nama dagang. Untuk mengcover biaya penelitian serta pengembangan karena biaya promosisi yang tidak sedikit sehingga obat tersebut boleh diproduksi oleh semua industry farmasi dan setiap pabrik mebmberi nama sendiri sebagai merek dagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan masyarakat tentang obat generik dan obat merek dagang di Desa X Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  prospektif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 110 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Desa X Kabupaten Kediri yang berumur mulai 17 tahun sampai 65 tahun. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di Desa X Kabupaten Kediri dari 110 responden yang memiliki pengetahuan tentang obat generik dan obat merk dagang yang termasuk dalam kategori baik sebanyak 17 (15%) Responden, Kategori cukup sebanyak 46 (42%) responden, dan yang termasuk kategori kurang sebanyak 47 (43%) responden.
References
Darwin, S., Adek, C., & Mutawir. (2019). Gambaran Persepsi Masyarakat Tentang Obat Generik Dan Obat Merek Dagang Di Daerah Pasar Lam Ateuk Aceh Besar. Jurnal Dunia Farmasi, 3(2), 91–99
Depkes RI.2010. Kebijakan Obat Nasional, Jakarta: Depkes RI.
Farhani. 2014. Hubungan Antara Presepsi Pasien Terhadap Obat Generik dengan Pengalaman Kesembuhan, Kepuasan , dan Kunjungan Kembali. Indonesia Public Health Student Journal 2 (2): 23-35.
Fuadbahsin. 2009. Tinjaun Umum Pengetahuan. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani. 2012. Analisis Faktor Pengaruh Rendahnya Penggunaan Obat Generik. Surabaya: Universitas Airlangga
Khofifah, Nur. 2018. Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Generik Dan Obat Generik Bermerek di Desa Pesayangan Rt 12 Kecamatan Talang. Karyatulis Ilmiah Tegal : DIII Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal .
Pane, I. W. S., & Diana, V. E. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Resep Obat Generik pada Pasien BPJS Rawat Jalan di Rsud. Dr. RM Djoelham Binjai. Jurnal Dunia Farmasi, 3(1), http://ejournal.helvetia.ac.id/index.php/jdf/article/view/4415 .
Taufia, D., 2017. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) dalam Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Metode IVA Di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang Tahun 2017.
Qodria, Dewi Ni’mal. 2016. Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Persepsi , dan pengalaman Penggunaan Obat Generik di Kalangan Mahasiswa Kesehatan dan Non Kesehatan. JURNAL . Jember: Universitas Jember.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.