Pelatihan Kerajinan Tangan Merajut dan Sosialisasi Pemasaran Digital Guna Meningkatkan Kreativitas Remaja di RT 01 RW 05 Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri

Authors

  • David Fajar Setiawan Universitas Kadiri
  • Malikatus Selvia Universitas Kadiri
  • Tenty Setyowati Universitas Diponegoro
  • Taskur Ajam Aji Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatimas.v2i2.3480

Keywords:

Crochet, Dedication, Marketing, Training.

Abstract

An area's large capacity and population density are often among the obstacles to improving community welfare if it is not utilized and appropriately managed. Kedak Village is one of the densely populated villages in the Semen District, Kediri Regency, East Java. This community service activity aimed to increase teenagers' knowledge and skills in knitting handicrafts and digital marketing after seeing the massive potential of human resources owned by Kedak Village. The methods used in this activity were lecture, practice, and evaluation. At the lecture stage, the community was introduced to the ins and outs of knitting handicrafts and the process of product marketing through digital media, followed by practice and evaluation of activities. The results of this training were that participants can know and make knitting crafts and digital marketing. This community service activity was expected to be developed by residents and can be used as one of the superior products in Kedak Village.

 

Besarnya kapasitas dan kepadatan penduduk di suatu wilayah sering menjadi salah satu kendala dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat jika tidak dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Desa Kedak merupakan salah satu desa padat penduduk yang terletak di Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Jawa Timur. Dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan remaja di bidang kerajinan tangan rajut dan pemasaran digital setelah melihat besarnya potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh Desa Kedak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pengajaran, praktik, dan evaluasi. Di tahap pengajaran, masyarakat akan dikenalkan dengan seluk beluk kerajinan tangan rajut dan proses pemasaran produk melalui media digital yang kemudian dilanjutkan dengan praktik dan evaluasi kegiatan. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah peserta dapat mengetahui dan membuat kerajinan tangan rajut beserta pemasaran digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat dikembangkan oleh penduduk setempat dan dapat dijadikan sebagai salah satu produk unggulan di Desa Kedak.

Author Biographies

David Fajar Setiawan, Universitas Kadiri

Fakultas Pertanian

Malikatus Selvia, Universitas Kadiri

Fakultas Teknik

Tenty Setyowati, Universitas Diponegoro

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Taskur Ajam Aji, Universitas Sebelas Maret

Fakultas Pertanian

References

Amalijah, E., Andari, N., & Narastri, M. (2021). Peningkatan Produktivitas Kearifan Lokal Kerajinan Tangan Tas Rajut Sebagai Bentuk Identitas Bangsa. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 194. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6665

BPS Kabupaten Kediri. (2020). Semen Subdistrict in Figures.

El-Sulukiyyah, A. A., Lestari, J. R. P., & Mariyah, M. (2019). Pendampingan ekstrakurikuler merajut untuk mengembangkan kreativitas dan kesiapan berwirausaha siswa MA Miftahul Ulum Kalirejo Pasuruan. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 95–104. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1427

Hanafi, H., Suryanti, S., & Hendra, H. (2020). Kerajinan Rajut Sebagai Produk Cendramata Di Nagari Tuo Pariangan. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1), 35–41. https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1043

Masiah, M., & Adawiyah, S. R. (2020). Pelatihan Kerajinan Tas Rajut Bagi Remaja Putri Di Desa Mambalan. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2199

Nurlistiani, R., & Purwati, N. (2022). Keterampilan Merajut Dan Pemanfaatan Media Sosial. 6(3), 2377–2392.

Olivia, F. (2013). Visual Thinking. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=Bn9cDwAAQBAJ

Rahmawaty, D., Nadiroh, N., Husen, A., & Purwanto, A. (2021). Merajut Sebagai Kegiatan Baru Untuk Terapi Mengurangi Kecemasan Selama Masa Pandemi Covid. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 107–113. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1853

Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H. P., Manuhutu, M., Sudarso, A., Simarmata, J., Hasdiana, D., Tasnim, T., Arif, N. F., & others. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=WW%5C_6DwAAQBAJ

Sintawati, E., Prahastuti, E., & Kusumawardani, H. (2018). Pelatihan Keterampilan Merajut pada Kelompok PKK Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal KARINOV, 1(1), 39–44. http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/download/3288/2003

Sumarsono, A., Nurleha, S., Khasanah, D. U., Wardani, N. N.,

Wahyuni, W., Sriyani, S., Listiani, D., & Kasmawati, K. (2021). Optimalisasi keterampilan merajut sebagai solusi peningkatan ekonomi warga saat pandemi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 220. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9283

Wahyu, E. E., Herijanto, P., Nurbaya, S., Hasan, H., & Suryanto, B. (2019). Bimbingan Dan Pelatihan Seni Merajut Bagi Ibu-Ibu Anggota. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 7(1), 55–60.

Downloads

PlumX Metrics

Published

29-11-2022

How to Cite

Setiawan, D. F., Selvia, M., Setyowati, T., & Aji, T. A. (2022). Pelatihan Kerajinan Tangan Merajut dan Sosialisasi Pemasaran Digital Guna Meningkatkan Kreativitas Remaja di RT 01 RW 05 Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. JATIMAS : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 137–148. https://doi.org/10.30737/jatimas.v2i2.3480

Issue

Section

Articles