This is an outdated version published on 29-05-2023. Read the most recent version.

Edukasi Literasi Digital terhadap Pelaku UMKM Makanan Khas di Kota Palembang

Authors

  • Aldo Fajarino Universitas Bina Darma
  • Nina Lisanty Kadiri University
  • Emmy Hamidah Universitas Islam Darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatimas.v3i1.4550

Keywords:

Digital literacy, Education, MSME, Palembang, Specialty food

Abstract

Along with efforts to increase product sales and income for specialty food of MSME actors in Palembang City, the use of technology and business digitization is urgently needed. This challenge for businessmen and MSMEs also acts as good opportunity. Today, the existence of the internet is an effective marketing medium for wider consumers. The use of social media is also increasingly widespread as a media for promotion and online sales. However, the abilities and skills of Indonesian MSME actors in general are still low regarding this digital literacy. Education and training are crucial for increasing this understanding and skills and accelerating the digitalization transformation of Indonesian MSMEs. MSME specialties in Palembang City are mushrooming considering the many types of specialty foods that are well-known nationally, such as pempek and its derivatives, various crackers/kemplang, various special cakes, and so on. Digital literacy education is carried out for several businessmen and MSME engaged in the specialty food sector in the city of Palembang. The lecture and door to door discussions are among implementation method for each business participants who previously registered their willingness to take part in this activity. The total participants were as many as 15 businessmen and culinary MSMEs and specialty foods in the city of Palembang. The expectation that this training will increase digital literacy among the participating communities and motivate MSMEs to digitally transformed.

Seiring dengan upaya peningkatan penjualan produk dan pendapatan para pelaku UMKM makanan khas di Kota Palembang, pemanfaatan teknologi dan digitalisasi usaha sangatlah diperlukan. Hal ini menjadi tantangan bagi pelaku bisnis dan UMKM yang bertindak juga sebagai peluang. Di masa kini, eksistensi internet menjadi media pemasaran efektif guna meraih konsumen lebih luas. Pemanfaatan media sosial pun semakin marak sebagai media promosi dan penjualan daring. Akan tetapi, kemampuan dan keterampilan UMKM Indonesia pada umumnya masih rendah terkait literasi digital ini. Edukasi dan pelatihan sangat krusial adanya untuk peningkatan pemahaman dan keterampilan ini dan mempercepat transformasi digitalisasi UMKM Indonesia. UMKM makanan khas di Kota Palembang sangat menjamur mengingat banyaknya jenis makanan khas terkenal secara nasional, seperti pempek dan turunannya, aneka kerupuk/kemplang, aneka kue khas, dan sebagainya. Edukasi literasi digital dilakukan pada beberapa pelaku bisnis dan UMKM yang bergerak pada bidang makanan khas di Kota Palembang. Ceramah dan pemberian tutorial menjadi metode pelaksanaan kegiatan dan disertai diskusi door to door ke masingmasing lokasi usaha peserta pelatihan yang sebelumnya mendaftarkan kesediaan mengikuti kegiatan ini. Total peserta adalah sebanyak 15 pelaku bisnis dan UMKM kuliner serta makanan khas di Kota Palembang. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini selain mampu menambahkan literasi digital masyarakat peserta, juga memotivasi UMKM bertransformasi digital.

Author Biographies

Aldo Fajarino, Universitas Bina Darma

Program Studi Magister Sistem Informasi

Nina Lisanty, Kadiri University

Department of Agribusiness, Agriculture Faculty

Emmy Hamidah, Universitas Islam Darul Ulum Jombang

Fakultas Pertanian, Prodi Agroteknologi

References

Anita, D. N., & Rahmanto, S. (2023). Perancangan Desain Kemasan Kumbu Makanan Khas Palembang. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 8(1), 84–90.

Bernadus, Y. A. P. (2020). Omset Usaha Dan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Pempek Di Palembang. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.21831/nominal.v9i2.30584

Delmayuni, A., Hubeis, M., & Cahyadi, E. R. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Umkm Pangan Di Palembang. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 11(1), 97–122. https://doi.org/10.30908/bilp.v11i1.43

Fairuzi, A. S. (2016). Industri Makanan Khas Kota Palembang [Universitas Diponegoro]. In Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/50699/%0Ahttp://eprints.undip.ac.id/50699/1/Aliya_S habrina_Fairuzi_21020112130074_Judul.pdf

Fajri, D. L. (2021). 18 Rekomendasi Makanan Khas Palembang Selain Pempek. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/613ef327210ba/18-rekomendasi-makanan-khas-palembang-selain-pempek

Febriyanti, Y. (2019). Pelestarian Kuliner Pempek sebagai Makanan Khas di Kota Palembang Sumatera Selatan [Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo]. In Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo. https://palembang.go.id/new/

Haruminori, A., Angelia, N., & Purwaningtyas, A. (2018). Makanan Etnik Melayu: Tempoyak. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 19(2), 125. https://doi.org/10.25077/jaisb.v19.n2.p125-128.2017

Ismiralia, D., Lisnini, & Sayuti, A. J. (2019). Persepsi Masyarakat tentang Objek Wisata Lorong Basah Night Culinary Kota Palembang. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7, 91–96.

Kevinanda, A., Rifanni, R. D., & Misnawati, D. (2022). Makna Filosofis Kuliner Burgo Khas Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16247–16253.

Melgia, M. R. (2020). Pengaruh Demografi, Motivasi, dan Psikologi terhadap Minat Wisatawan pada Makanan Khas di Kota Palembang. In Politeknik Negeri Sriwijaya. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Moelyati, T., Sriati, S., Marwa, T., & Susetyo, D. (2012). Analisis Perilaku Konsumen Dan Pengaruhnya Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Makanan Khas Palembang Berbasis Ikan. Jurnal Agripita, 1(4), 267–278.

Nadjmuddin, M., Sunani, Yusri, Ariyanti, I., Wulandari, F., Putri, T., & Putri, W. P. (2022). Pendampingan Pembuatan Kemasan Dan Iklan Kuliner Khas Daerah Produk Pedagang Kecil Di Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 153–161.

Nofiawaty, N., & Putri, Y. H. (2015, November). Pengaruh Faktor Sosial, Budaya, Pribadi Terhadap Penentu Keputusan Pembelian Pempek di Kota Palembang. Competitiveness and Government Incentive to Take Advantage of Global Economic Opportunities.

Pratiwi, S. L., Andrispa, B., & Prasetya, D. (2023). Perancangan Desain Kemasan Kue Suri Makanan Khas Palembang. 2nd MDP Student Conference (MSC) 2023, 587–592.

Putra, R. H. (2018). Multimedia Interaktif Pengenalan Makanan Khas Palembang Empek-Empek. In STMIK STIKOM Bali. STMIK STIKOM Bali.

Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty, R. (2021). Pemanfaatan Social Advertising Sebagai Media Promosi Produk Puan Makanan Khas Palembang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(3), 269–274. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i3.1148

Tenggono, A. (2015). Aplikasi Pencarian Lokasi Kuliner Empek-Empek di Kota Palembang “Pempek Finder.” Seminar Nasional

Informatika (SNIf2015), 201–206. http://e-journal.potensiutama.ac.id/ojs/index.php/SNIf/article/download/266/213

Widiya, A., Hartati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021). Pelatihan Kepada Masyarakat dalam Menjaga Makna Kearifan Lokal, Nilai Sejarah, dan Adat Khas Tradisional Masyarakat Melayu Peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Yumari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 193–201. https://doi.org/10.35912/jpm.v1i4.224

Yusuf, M. (2015). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bisnis Makanan Pempek di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 13, 97–107

Downloads

PlumX Metrics

Published

29-05-2023

Versions

How to Cite

Fajarino, A., Lisanty, N., & Hamidah, E. (2023). Edukasi Literasi Digital terhadap Pelaku UMKM Makanan Khas di Kota Palembang. JATIMAS : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.30737/jatimas.v3i1.4550

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)