Edukasi Bahaya Covid-19 dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Dusun Ngampel, Desa Selodono, Kabupaten Kediri

Authors

  • Devina Cinantya Anindita Universitas Kadiri
  • Nina Lisanty Universitas Kadiri
  • Ayu Nur Aliza Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatimas.v2i1.2553

Keywords:

Covid-19, PHBS, Education

Abstract

The education and socialization of Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) is a program for the community regarding cleanliness. It is to reduce exposure to the virus during a pandemic by living a clean and healthy life. The efforts to implement PHBS can be made by the habit of washing hands prior to and after activities. The Ngampel hamlet residents are still negligent in implementing the health protocol. Based on this phenomenon, education is needed regarding the risks of Covid-19 and the proper method of washing hands. The team conducted a survey and socialization with the residents. The media used for education were WhatsApp groups and flyers designed using a simple and easy-to-be-understood campaign. The community and students were enthusiastic about participating in the socialization activities. The community service program provided experience and knowledge to the participated community about the risks of Covid-19 to implement PHBS.

Upaya pembelajaran bagi masyarakat untuk lebih peduli akan kebersihan akhir-akhir ini dengan menggalakkan program Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Program ini disinyalir dapat mengurangi risiko paparan virus di masa pandemi Covid-19. Upaya menerapkan PHBS bisa dilakukan dengan kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun sesudah maupun sebelum beraktivitas. Warga Dusun Ngampel, Desa Selodono masih abai dalam menerapkan protokol kesehatan. Berdasarkan fenomena tersebut, perlu adanya edukasi terkait metode yang benar dan baik dalam mencuci tangan dan kaitannya dengan resiko terpaparnya Covid-19. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yang digunakan adalah survey awal dan sosialisasi kepada masyarakat Dusun Ngampel. Media yang digunakan untuk edukasi berupa whatsapps group dan flyer yang sudah dirancang dengan menggunakan metode kampanye dengan kalimat yang mudah ditangkap dan dipahami. Sosialisasi diikuti oleh warga dan pelajar yang berada di Dusun Ngampel, Desa Selodono. Warga dan pelajar sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi. Program pengabdian masyarakat terkait edukasi bahaya covid-19 dan cuci tangan pakai sabun (CTPS) memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada masyarakat tentang resiko Covid-19 dan salah satu bentuk pencegahannya dengan kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebagai bagian penerapan PHBS. 

Author Biographies

Devina Cinantya Anindita, Universitas Kadiri

Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian

Nina Lisanty, Universitas Kadiri

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Ayu Nur Aliza, Universitas Kadiri

Prodi Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan

References

Andriansyah, Y., Rahmantari, DN (2013). Penyuluhan dan praktik PHBS (perilaku hidup bersih sehat) dalam mewujudkan masyarakat desa peduli sehat. Seri Pengabdian Masyarakat 2013 ISSN: 2089-3086. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vol 2 No. 1, Januari 2013. Hal 45-50.

Bedrof, J., Enrina, D., Gieseck, J., Heymann, D.L., Ihekweazu, C., Kobinger, G., et al. 2020 Covid-19: towards controlling of a pandemi. The Lancet. 395(10229), pp.1015-1018.

BPS, 2022. Proporsi populasi yang Mempunyai Kebiasaan Cuci tangan yang Benar menurut Wilayah (Persen). https://www.bps.go.id/indikator/view_data/000/data/1813/sdgs_6/1

Kementrian Kesehatan, 2022. Panduan Cuci Tangan. Pakai Sabun. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Panduan_CTPS2020_1636.pdf

Lestari, D. 2008. Metode Expository Teaching terhadap Perilaku CTPS, Skripsi. Universitas Katolik Soegijapranata.

Notoadmodjo, S (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Umaroh AK, Hanggara HY, Choiri (2009). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Wialyah Kerja Puskesmas Bulu Kabupaten Sukoharjo.

Purwandari, R., Ardiana A., Wantiyah (2013). Hubungan antara perilaku mencuci tangan dengan insiden diare pada anak usia sekolah di kabupaten jember. Jurnal Keperawatan. ISSN: 2086-3071. April 2022: 122 - 130Versi online n/ URL: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/2362. Vol 4, No 2.

Septarini, NW (2015). Pemeriksaan dan Pengobatan Kecacingan pada Balita serta Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun pada Ibu Balita di Wilayah Muntigunung Kauh, Kubu, Karangasem. Program Study Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

WHO World Health Organization (2009). Langkah mencuci tangan yang benar. 2009.

Downloads

PlumX Metrics

Published

29-05-2022

How to Cite

Anindita, D. C., Lisanty, N., & Aliza, A. N. (2022). Edukasi Bahaya Covid-19 dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Dusun Ngampel, Desa Selodono, Kabupaten Kediri. JATIMAS : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 72–79. https://doi.org/10.30737/jatimas.v2i1.2553

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>