MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PENGEMBANGAN WISATA KAMPUNG COKLAT
DOI:
https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i1.389Keywords:
Brown Village, Tourism, Traffic Management, Traffic ImpactAbstract
Responding to the development of the brown village tourist area in Golodok Blorok Kademnagan Blitar, it will cause seizures that have an impact on decreasing the performance of roads and intersections around the area, and cause a high level of accidents. can minimize the decline in the performance of roads and intersections and reduce or minimize the occurrence of accidents of visitors to the brown village area, and can provide solutions to traffic problems that occur due to the development of brown village tourism. The method used in this research is based on the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI 1997) and other related regulations. This reliable step begins with conducting a traffic survey in the area that has been determined and asks for data on the number of visitors and the number of vehicles parked for 1 year to the manager of the Brown Village tourist area which then estimates the trip generation and sets the andalalin classification. After that, analyze the traffic performance on existing conditions and analyze the conditions of traffic management without and with regional development, as well as develop alternative improvements to the impact of traffic due to the development of the brown village tourist area.
Menyikapi berkembangnya kawasan wisata kampung coklat di jl Golodok Blorok Kademnagan Blitar , akan menimbulkan bangkitan yang berdampak pada penurunan kinerja ruas jalan dan simpang di sekitar kawasan tersebut, serta menimbulkan tingkat kecelakaan yang tinggi, Untuk itu perlu di lakukan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) agar dapat meminimalisir penurunan kinerja ruas jalan dan simpangdanmengurangiatauminimalisirterjadinyakecelakaanpengunjungkawasan kampong coklat, serta dapat memberikan solusi pemecahan masalah lalu lintas yang terjadi akibat pengembangan wisata kampung coklat. Metode yang digunakan pada penelitia ini didasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan peraturan terkait lainya.Tahapan andalalin ini diawali dengan melakukan survei lalu lintas di area yang sudah di tentukan dan meminta data jumlah pengunjung serta jumlah kendaraan yang parkir selama 1 tahun kepada pengelola Kawasan wisata kampong coklat yang selanjutnya memperkirakan bangkitan perjalanan dan menetapkan klasifikasi andalalin. Setelah itu , menganalisa kinerja lalu lintas pada kondisi eksisting dan menganalisa pada kondisi manajemen lalu lintas tanpa dan dengan pengembangan kawasan , serta menyusun alternatif perbaikan terhadap dampak lalu lintas akibat pengembangan kawasan wisata kampung coklat tersebut.
References
A. D. Limantara, A. I. Candra, and S. W. Mudjanarko, “Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Ujicoba Implementasi Di Laboratorium Universitas Kadiri,†2017.
F. Agyapong and T. K. Ojo, “Managing traffic congestion in the Accra Central Market, Ghana,†J. Urban Manag., vol. 7, no. 2, pp. 85–96, 2018, doi: 10.1016/j.jum.2018.04.002.
A. Theofilatos, G. Yannis, E. I. Vlahogianni, and J. C. Golias, “Modeling the effect of traffic regimes on safety of urban arterials: The case study of Athens,†J. Traffic Transp. Eng. (English Ed., vol. 4, no. 3, pp. 240–251, 2017, doi: 10.1016/j.jtte.2017.05.003.
F. A. Lestari and Y. Apriyani, “ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PUSAT PERBELANJAAN DIKAWASAN PASAR PAGI PANGKALPINANG TERHADAP KINERJA RUAS JALAN,†J. Fropil, vol. 2, no. 1, pp. 32–44, 2014.
W. I. Dharmawan, “Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhdap Kemacetan,†vol. 7, no. KoNTekS 7, pp. 189–196, 2013.
Departeman Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, “Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol,†Standar Geom. Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol, no. 010, 2009.
R. Yuwono, Y. C. Sp, and L. D. K, “STUDY ANALISA VOLUME KENDARAAN PADA SIMPANG BERSINYAL DI PEREMPATAN ALUN ALUN KOTA KEDIRI,†Jurmateks, vol. 1, no. 1, pp. 101–111, 2018.
F. D. Hobbs, Perencanaan dan Teknik lalu Lintas. Jogjakarta: Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, 1995.
A. I. Candra et al., “PENGECEKAN KELAYAKAN BANGUNAN GEDUNG SMA NEGERI 1 KOTA KEDIRI YANG DIGUNAKAN UNTUK AKTIFITAS,†Ukarst J. Univ. Kadiri Ris. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 108–116, 2019.
W. T. Cahyono, Y. C. SP, and S. Winarto, “STUDI EFISIENSI PEMBERIAN AIR IRIGASI PADA DESA GROMPOL, KECAMATAN GAMPENGREJO, KABUPATEN KEDIRI,†Jurmateks, vol. 1, no. 1, pp. 12–21, 2018.
R. Hidayah, A. Ridwan, and Y. C. S. P, “ANALISA PERBANDINGAN MANAJEMEN WAKTU ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 281–290, 2018.
[Kementerian PUPR]. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen,†p. 52, 2003.
B. Haryadi, “KEPADATAN KOTA DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN ( TRANSPORTASI ) BERKELANJUTAN,†pp. 87–96.
R. Pramanasari, N. Qomariyah, D. Purwanto, and E. Yilipriyo, “PENERAPAN MANAJEMEN LALU LINTAS SATU ARAH PADA RUAS JALAN SULTAN AGUNG – SISINGAMANGARAJA – DR.WAHIDIN KOTA SEMARANG UNTUK PEMERATAAN SEBARAN BEBAN LALU LINTAS,†J. KARYA Tek. SIPIL, vol. 3, no. 1, pp. 142–153, 2014.
A. Munawar, Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Jogjakarta: Beta Offset, 2004.
N. Hidayah, “Disiplin Lalu Lintas Pengendara Sepeda Motor Roda Dua di Kecamatan Tampan Pekanbaru,†J. FISIP, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2015.
A. Nashirudin, S. Winarto, and Sudjati, “PERENCANAAN CHECKDAM KALI NGASINAN KANAN DESA NOTOREJO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 192–203, 2018.
A. I. Candra, “ANALISIS DAYA DUKUNG PONDASI STROUS PILE PADA PEMBANGUNAN GEDUNG MINI HOSPITAL UNIVERSITAS KADIRI,†Ukarst, vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2017.
S. Awiyaningsih, H. Moetriono, and S. W. Mudjanarko, “ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN MALL LAGOON AVENUE SUNGKONO TERHADAP KINERJA SIMPANG DI JALAN MAYJEND SUNGKONO - HR MUHAMMAD SURABAYA,†Tek. Eng. Sains J., vol. 2, no. 2, pp. 131–134, 2018.
S. J. Legowo and D. Anggoro, “Studi Evaluasi Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( Spbu ) Manahan,†pp. 601–609, 2014.
Direktorat Jendral Bina Marga, “Perencanaan Geometrik Jalan,†Departemen Pekerjaan Umum. 2017.
J. Vironika, I. Bagus, M. Astawa, and I. P. A. Citra, “ANALISIS TINGKAT KEPADATAN LALU LINTAS DI KECAMATAN DENPASAR BARAT,†pp. 1–11, 1983.
R. G. Yahya, “Studi Permodelan Bangkitan Perjalanan di Perkotaan,†J. Tek. Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 92–100, 2019, doi: 10.28932/jts.v3i1.1274.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) The copyright of published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscript. Therefore, the author needs to confirm that the copyright has been managed by the publisher with the Publication Right Form which must be attached when submitting the article.
(2) Publisher of JURMATEKS is Kadiri University.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution-ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.