Implementasi Strategi Brand Awareness Produk Jadam Sulfur “JDM” melalui Kolaborasi Komunitas Petani

Authors

  • Aptika Hana Prastiwi Nareswari Universitas Kadiri, Kediri
  • Edy Kustiani Universitas Kadiri, Kediri
  • Eko Yuliarsha Sidhi Universitas Kadiri, Kediri
  • Satriya Bayu Aji Universitas Kadiri, Kediri
  • Wiwin Septia Dewi Universitas Kadiri, Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatimas.v5i2.7082

Keywords:

citra merek, kemitraan, stakeholder agrikultur, pemasaran

Abstract

Implementasi brand awareness produk Jadam Sulfur (JDM) melalui pendekatan kolaboratif bersama komunitas petani merupakan inovasi dalam memperkenalkan produk pertanian ramah lingkungan di tingkat masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, mencakup tahap persiapan, produksi JDM, pelatihan pembuatan, demonstrasi lapang, hingga promosi berbasis komunitas. Penerapan strategi promosi yang memadukan edukasi partisipatif, pemasaran sederhana, dan pendekatan berbasis pengalaman nyata petani merupakan keunggulan dari kegiatan ini. Metode ini tidak hanya meningkatkan kesadaran merek hingga lebih dari 90%, tetapi juga memperkuat kapasitas masyarakat dalam memahami nilai ekonomi dan ekologi produk organik. Kolaborasi antara tim pelaksana dan petani berhasil membangun kepercayaan, memperluas jejaring distribusi lokal, serta menumbuhkan kesadaran terhadap praktik pertanian berkelanjutan. Implementasi di masyarakat menunjukkan bahwa penguatan merek berbasis komunitas lebih efektif disbanding promosi konvensional karena melibatkan peran aktif petani sebagai duta merek. Secara keseluruhan, model ini berpotensi direplikasi untuk memperkuat posisi produk ramah lingkungan di pasar lokal dan meningkatkan kemandirian ekonomi petani melalui inovasi sosial berbasis pengetahuan lokal.

Author Biographies

  • Aptika Hana Prastiwi Nareswari, Universitas Kadiri, Kediri

    Program Studi Agroteknologi

  • Edy Kustiani, Universitas Kadiri, Kediri

    Program Studi Agroteknologi

  • Eko Yuliarsha Sidhi, Universitas Kadiri, Kediri

    Program Studi Agribisnis

  • Satriya Bayu Aji, Universitas Kadiri, Kediri

    Program Studi Agribisnis

References

Ahmadi, M. A., & Mahargyani, A. (2024). Pengaruh Kesadaran Lingkungan (Green Awerenes) Akan Keputusan Pembelian Konsumen: Literature Review. J-Fine Journal of Finance, Business and Economics, 2(1), 1–12.

Basuki, Farisi, O. A., Sari, V. K., Mandala, M., Utami, R. A., Ristiyana, S., Destiawan, H. A., Safitri, U. D., Susanto, D. A., Isnanto, B. A. A., & Kessumowati, D. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Pestisida Berbahan Aktif Sulfur Sebagai Bahan Serbaguna Penyelesaian Permasalahan Petani Desa Slateng , Ledokombo , Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1–6.

Brown, P., Hart, G., Small, B., & Munguia, O. M. de O. (2016). Agents for diffusion of agricultural innovations for environmental outcomes. Land Use Policy, 55, 318–326.

Food of Agricultural Organization of the United Nations. (2020). Digital technology and agricultural markets.

Gumbi, N., Gumbi, L., & Twinomurinzi, H. (2023). Toward Sustainable Digital Agriculture for Smallholder Farmers: A Systematic Literature Review. Sustainability, 15(16), 12530.

Istifa, M. A. K. (2024). Peran Inovasi Produk dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Pasar Global. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7899–7906.

Istiqomah, A. U., Rahmawati, F., & Nugrahaningtyas, K. D. (2016). PENGGANTIAN SODA API (NaOH) DENGAN KALIUM HIDROKSIDA (KOH) PADA DESTILASI SISTEM BINER AIR-ETANOL. ALCHEMY Jurnal Penelitian Kimia, 12(2), 179. https://doi.org/10.20961/alchemy.v12i2.1876

Junaidi, Kustiani, E., Supandji, Sutiknjo, T. D., & Saptorini. (2024). Pemanfaatan Pestidia Organik Berbahan Sulfur dengan Metode JADAM di Desa Jatigedong, Ploso, Jombang. Jatimas : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 92–98.

Khasanah, E. N., & Suprapti, E. (2025). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Ramah Lingkungan : Studi Kasus di Sketor Ritel. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 468–474.

Lestari, D., & Pramudita, R. (2021). Pengaruh influencer marketing terhadap brand awareness dan purchase intention produk ramah lingkungan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 101–112.

Nuri, S. N., Anshori, M. I., & Andriani, N. (2024). Systematic Literature Review: Sosial Media Organik untuk Mendorong Brand Awareness. JIMBI UNSRAT: Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 11(1), 219–231.

Panjaitan, R. B., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh brand positioning terhadap keputusan pembelian produk minuman ringan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(3), 437–446.

Rachmawaty, D. (2015). PERFORMA PRODUK LOKAL DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL DI ERA DIGITAL. Jurnal UT, 23–33.

Setiawan, D. F., Selvia, M., Setowati, T., & Aji, T. A. (2022). Pelatihan Kerajinan Tangan Merajut dan Sosialisasi Pemasaran Digital Guna Meningkatkan Kreativitas Remaja di RT 01 RW 05 Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. JATIMAS: Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 137–148.

Shinta, A., Muhaimin, A. W., Fikrah, F., & Palupi, P. (2015). Analisis Brand Image dan Brand Awareness Pupuk Bio Organik (Studi pada Petani Pengguna Pupuk Merek “POMI” di Kota Batu). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 11(2), 227–234.

Susanto, E., Artini, W., Lisanty, N., & Sutiknjo, T. D. (2025). STRATEGI BRAND AWARENESS JADAM SULFUR “JDM.” Universitas Kadiri.

Tirtosetianto, R. H., Barohima, B., Putri, D., & Pratesa, M. (2024). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Berkelanjutan : Studi Kasus pada Generasi Milenial Consumer Behavior Analysis in Choosing Sustainable Products : A Case Study on the Millennial Generation. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(8), 2758–2766. https://doi.org/10.56338/jks.v7i8.5909

Yudhyani, E. (2024). Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial dan Dampaknya terhadap Brand Awareness. FRIMA: Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 6681(7), 1559–1568.

Downloads

Published

29-11-2025

Issue

Section

Articles

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

Implementasi Strategi Brand Awareness Produk Jadam Sulfur “JDM” melalui Kolaborasi Komunitas Petani. (2025). JATIMAS : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 132-143. https://doi.org/10.30737/jatimas.v5i2.7082

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>