Implementasi Strategi Brand Awareness Produk Jadam Sulfur “JDM” melalui Kolaborasi Komunitas Petani
DOI:
https://doi.org/10.30737/jatimas.v5i2.7082Keywords:
citra merek, kemitraan, stakeholder agrikultur, pemasaranAbstract
Implementasi brand awareness produk Jadam Sulfur (JDM) melalui pendekatan kolaboratif bersama komunitas petani merupakan inovasi dalam memperkenalkan produk pertanian ramah lingkungan di tingkat masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, mencakup tahap persiapan, produksi JDM, pelatihan pembuatan, demonstrasi lapang, hingga promosi berbasis komunitas. Penerapan strategi promosi yang memadukan edukasi partisipatif, pemasaran sederhana, dan pendekatan berbasis pengalaman nyata petani merupakan keunggulan dari kegiatan ini. Metode ini tidak hanya meningkatkan kesadaran merek hingga lebih dari 90%, tetapi juga memperkuat kapasitas masyarakat dalam memahami nilai ekonomi dan ekologi produk organik. Kolaborasi antara tim pelaksana dan petani berhasil membangun kepercayaan, memperluas jejaring distribusi lokal, serta menumbuhkan kesadaran terhadap praktik pertanian berkelanjutan. Implementasi di masyarakat menunjukkan bahwa penguatan merek berbasis komunitas lebih efektif disbanding promosi konvensional karena melibatkan peran aktif petani sebagai duta merek. Secara keseluruhan, model ini berpotensi direplikasi untuk memperkuat posisi produk ramah lingkungan di pasar lokal dan meningkatkan kemandirian ekonomi petani melalui inovasi sosial berbasis pengetahuan lokal.
References
Ahmadi, M. A., & Mahargyani, A. (2024). Pengaruh Kesadaran Lingkungan (Green Awerenes) Akan Keputusan Pembelian Konsumen: Literature Review. J-Fine Journal of Finance, Business and Economics, 2(1), 1–12.
Basuki, Farisi, O. A., Sari, V. K., Mandala, M., Utami, R. A., Ristiyana, S., Destiawan, H. A., Safitri, U. D., Susanto, D. A., Isnanto, B. A. A., & Kessumowati, D. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Pestisida Berbahan Aktif Sulfur Sebagai Bahan Serbaguna Penyelesaian Permasalahan Petani Desa Slateng , Ledokombo , Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1–6.
Brown, P., Hart, G., Small, B., & Munguia, O. M. de O. (2016). Agents for diffusion of agricultural innovations for environmental outcomes. Land Use Policy, 55, 318–326.
Food of Agricultural Organization of the United Nations. (2020). Digital technology and agricultural markets.
Gumbi, N., Gumbi, L., & Twinomurinzi, H. (2023). Toward Sustainable Digital Agriculture for Smallholder Farmers: A Systematic Literature Review. Sustainability, 15(16), 12530.
Istifa, M. A. K. (2024). Peran Inovasi Produk dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Pasar Global. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7899–7906.
Istiqomah, A. U., Rahmawati, F., & Nugrahaningtyas, K. D. (2016). PENGGANTIAN SODA API (NaOH) DENGAN KALIUM HIDROKSIDA (KOH) PADA DESTILASI SISTEM BINER AIR-ETANOL. ALCHEMY Jurnal Penelitian Kimia, 12(2), 179. https://doi.org/10.20961/alchemy.v12i2.1876
Junaidi, Kustiani, E., Supandji, Sutiknjo, T. D., & Saptorini. (2024). Pemanfaatan Pestidia Organik Berbahan Sulfur dengan Metode JADAM di Desa Jatigedong, Ploso, Jombang. Jatimas : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 92–98.
Khasanah, E. N., & Suprapti, E. (2025). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Ramah Lingkungan : Studi Kasus di Sketor Ritel. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 468–474.
Lestari, D., & Pramudita, R. (2021). Pengaruh influencer marketing terhadap brand awareness dan purchase intention produk ramah lingkungan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 101–112.
Nuri, S. N., Anshori, M. I., & Andriani, N. (2024). Systematic Literature Review: Sosial Media Organik untuk Mendorong Brand Awareness. JIMBI UNSRAT: Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 11(1), 219–231.
Panjaitan, R. B., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh brand positioning terhadap keputusan pembelian produk minuman ringan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(3), 437–446.
Rachmawaty, D. (2015). PERFORMA PRODUK LOKAL DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL DI ERA DIGITAL. Jurnal UT, 23–33.
Setiawan, D. F., Selvia, M., Setowati, T., & Aji, T. A. (2022). Pelatihan Kerajinan Tangan Merajut dan Sosialisasi Pemasaran Digital Guna Meningkatkan Kreativitas Remaja di RT 01 RW 05 Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. JATIMAS: Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 137–148.
Shinta, A., Muhaimin, A. W., Fikrah, F., & Palupi, P. (2015). Analisis Brand Image dan Brand Awareness Pupuk Bio Organik (Studi pada Petani Pengguna Pupuk Merek “POMI” di Kota Batu). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 11(2), 227–234.
Susanto, E., Artini, W., Lisanty, N., & Sutiknjo, T. D. (2025). STRATEGI BRAND AWARENESS JADAM SULFUR “JDM.” Universitas Kadiri.
Tirtosetianto, R. H., Barohima, B., Putri, D., & Pratesa, M. (2024). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Berkelanjutan : Studi Kasus pada Generasi Milenial Consumer Behavior Analysis in Choosing Sustainable Products : A Case Study on the Millennial Generation. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(8), 2758–2766. https://doi.org/10.56338/jks.v7i8.5909
Yudhyani, E. (2024). Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial dan Dampaknya terhadap Brand Awareness. FRIMA: Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 6681(7), 1559–1568.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aptika Hana Prastiwi Nareswari, Edy Kustiani, Eko Yuliarsha Sidhi, Satriya Bayu Aji, Wiwin Septia Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship. Permitted third-party reuse is defined by the Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs (CC BY-NC-ND). This permission allows users to copy and distribute the Article, provided this is not done for commercial purposes and further does not permit distribution of the Article if it is changed or edited in any way, and provided the user gives appropriate credit (with a link to the formal publication through the relevant DOI), provides a link to the license, and that the licensor is not represented as endorsing the use made of the work.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

